Hukum & Kriminal

Operasi Patuh Semeru 2020 di Pamekasan Sasar 8 Jenis Pelanggaran

Kasatlantas Polres Pamekasan, AKP Didik Sugiarto (kiri depan) saat memimpin doa bersama personil di area Monumen Arek Lancor Pamekasan.

Pamekasan (beritajatim.com) – Operasi Patuh Semeru 2020 Satlantas, memfokuskan pada delapan jenis pelanggaran lalu lintas yang akan digelar dalam dua pekan kedepan. Terhitung mulai Kamis (23/7/2020) hingga Rabu (5/8/2020) mendatang.

Delapan jenis pelanggaran tersebut meliputi pelanggaran tidak mengenakan helm SNI, melawan arus, menggunakan handphone (hp) saat berkendara, melebihi batas kecepatan, pengemudi bawah umur, pengemudi dalam keadaan mabuk, boncengan lebih dari satu, serta tidak menggunakan safety belt untuk kendaraan roda empat.

“Giat ini dalam rangka untuk menciptakan suasana aman dan nyaman bagi masyarakat, khususnya para pengendara kendaraan bermotor (R2 dan R4) agar selalu mematuhi tata tertib lalu lintas demi keamanan dan keselamatan bersama,” kata Kapolres Pamekasan, AKBP Djoko Lestari melalui Kasat Lantas Polres Pamekasan, AKP Didik Sugiarto.

Lebih lanjut disampaikan operasi patuh semeru tersebut juga dimaksudkan sebagai upaya untuk menciptakan sikap disiplin masyarakat khususnya saat berkendara. “Dengan mematuhi peraturan lalu lintas, kami harapkan dapat meminimalisir kejadian yang tidak kita inginkan. Seperti laka lantas dan lainnya,” ungkapnya.

“Maka dari itu, upayakan saat hendak berkendara setidaknya lakukan pengecekan kelengkapan kendaraan, mulai dari surat-surat hingga kondisi fisik maupun kendaraan. Termasuk persyaratan kelayakan teknis layak jalan dan lainnya juga penting demi keamanan dan keselamatan bersama,” jelasnya.

Dari itu pihaknya mengajak seluruh masyarakat khususnya para pengendara agar selalu mematuhi tata tertib lalu lintas, sekaligus menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas. “Mari kita bersama-sama untuk selalu mematuhi tertib lalu lintas, serta menjadi pelopor keselamatan,” ajaknya.

Tidak hanya fokus pada giat operasi patuh semeru, pihaknya juga menyatakan komitmen untuk selalu mensosialisasikan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19. Seperti sosialisasi penerapan pola hidup bersih dan sehat, cuci tangan dengan sabun, menerapkan physical distancing hingga himbauan mengenakan masker. [pin/ted]






Apa Reaksi Anda?

Komentar