Hukum & Kriminal

Putus Rantai Penyebaran Covid-19

Operasi Lilin Semeru Pamekasan Fokus Penegakan Prokes

Pamekasan (beritajatim.com) – Operasi Lilin Semeru 2020 yang digagas Polres Pamekasan, lebih memprioritaskan pada upaya edukasi dan sosialisasi dalam rangka mengantisipasi sekaligus mencegah penyebaran Coronavirus Disisase 2019.

Hal tersebut terlihat dari kegiatan bagi-bagi masker yang dilakukan personil Polres Pamekasan, bersama Dinas Perhubungan (Dishub) setempat, di Terminal Ronggosukowati, Desa Ceguk, Tlanakan, Rabu (23/12/2020).

“Kami bersama Dishub Pamekasan, melaksanakan kegiatan bagi-bagi masker untuk masyarakat dalam rangka Operasi Lilin Semeru 2020. Di mana operasi ini digelar sejak 21 Desember hingga 4 Januari 2021 mendatang,” kata Kapolres Pamekasan, AKBP Apip Ginanjar, melalui Kasatlantas Polres Pamekasan, AKP Deddy Eka Aprianto.

Langkah tersebut sengaja dilakukan sebagai upaya untuk mengantisipasi sekaligus mencegah penyebaran pandemi Covid-19, khususnya di wilayah hukum Polres Pamekasan. “Dalam giat ini kami membagikan seribu masker untuk masyarakat,” ungkapnya.

“Bagi-bagi masker melalui giat Operasi Lilin Semeru ini sengaja kita lakukan sebagai upaya mengajak sekaligus memberi kesadaran bagi masyarakat agar selalu menerapkan protokol kesehatan. Khususnya dalam rangka mencegah serta memutus rantai penyebaran Covid-19 di Pamekasan,” jelasnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga menyampaikan komitmennya untuk selalu mendukung Tim Satgas Penanganan Covid-19 Pamekasan, sekaligus bersama-sama memberikan upaya edukasi dan sosialisasi bagi masyarakat agar selalu waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Kita juga selalu komitmen untuk melaksanakan Operasi Yustisi (Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan yang digagas Pemkab Pamekasan) di berbagai titik di Pamekasan. Salah satunya dengan menyiapkan masker di sejumlah pos pengamanan Operasi Lilin Semeru 2020,” tegasnya.

Disinggung soal penindakan terhadap para pelanggar tata tertib lalu lintas (tertib lalin), pihaknya menyampaikan hal iu tetap dilakukan sekalipun orientasi saat ini lebih mengarah pada penegakan disiplin protokol kesehatan. “Untuk sementara penindakan pengendara belum, kita lebih fokus pada antisipasi penyebaran Covid-19,” pungkasnya.

Berdasar update sebaran virus corona yang dikeluarkan Tim Satgas Penanganan Covid-19 Pamekasan, Selasa (22/12/2020) kemarin. Terdata sebanyak 646 orang dinyatakan positif, meliputi sebanyak 164 orang dalam tahap isolasi, 55 orang meninggal dunia, serta sebanyak 427 orang lainnya dinyatakan sembuh.

Sementara untuk status suspect terdata sebanyak 1096 orang, meliputi sebanyak 43 orang dalam tahap pengawasan intensif, 77 orang meninggal dunia, serta 976 orang lainnya dinyatakan selesai alias Negatif Covid-19. [pin/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar