Hukum & Kriminal

Operasi Lilin Semeru 2020 di Ponorogo Kedepankan Pencegahan Penularan Covid-19

Ponorogo (beritajatim.com) – Ada hal berbeda pelaksanaan Operasi Lilin Semeru 2020 ini dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Karena saat pandemi Covid-19, pelaksanaan operasi mengedepankan preventif (pencegahan). Tidak seperti sebelumnya dengan represif (penindakan), dengan menindak warga yang tidak pakai SIM atau surat-surat lainnya.

“Operasi lilin kali ini, kami mengedepankan dalam bentuk sosial dan preventif bukan represif,” kata Kapolres Ponorogo AKBP. Mochammad Nur Azis, usai melaksanakan apel Ops Lilin Semeru di Jalan Aloon-aloon Utara, Senin (21/12/2020).

Operasi yang akan digelar dari tanggal 21 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021 ini, lebih memprioritaskan untuk menegakan protokol kesehatan. Yakni mengoperasi pengendara yang tidak memakai masker. Selain itu juga menghimbau masyarakat untuk selalu menjaga jarak dan sering mencuci tangan. Dengan menerapkan operasi khusus protokol kesehatan ini, diharapkan bisa mencegah merebaknya virus korona, terutama di wilayah Ponorogo.

“Sampai sekarang Covid-19 di Ponorogo masih meningkat. Untuk itu kami akan terus menegakkan protokol kesehatan di masyarakat,” katanya.

Menjelang libur natal dan tahun baru (nataru) Azis juga menghimbau kepada masyarakat untuk menunda liburannya. Kalau pun melakukan liburan tetap mematuhi protokol kesehatan. Selain itu dia juga menyarankan untuk liburan di Ponorogo saja, tidak jauh-jauh ke luar kota. Sebab daerah luar kota yang akan dikunjungi itu, berada di zona apa tentang Covid-19.

“Kalau bisa liburannya ditunda dulu, kalau tidak ada kepentingan yang urgensi lebih baik ditunda. Karena pandemi belum berakhir, ini malah tren-nya meningkat,” pungkasnya. (end/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar