Hukum & Kriminal

Ops Zebra Semeru 2019

Operasi Gabungan Sidang di Tempat Tilang Ratusan Pengendara Roda Dua

Gresik (berirajatim.com) – Hari ketujuh pelaksanaan Operasi Zebra Semeru 2019 gabungan yang dilakukan Satlantas Polres Gresik, menilang ratusan pengendara roda dua. Selain roda dua, sejumlah pengendara roda empat juga mengalami hal yang sama ditilang karena surat-suratnya tidak lengkap.

Kasatlantas Polres Gresik AKP Erika Purwana Putra mengatakan, operasi gabungan ini pertama kalinya digelar dengan sasaran delapan prioritas yang berkaitan dengan kecelakaan lalu lintas (Laka Lantas). “Nantinya operasi gabungan sidang di tempat digelar sebanyak dua kali dengan sasaran pengendara roda, dan empat,” katanya, Rabu (30/10/2019).

Operasi gabungan ini, melibatkan jajaran terkait antara lain Denpom TNI, Dinas Perhubungan (Dishub), Kejaksaan Negeri (Kejari) serta Pengadilan Negeri (PN) Gresik.

Pengendara yang melanggar langsung dilakukan sidang di tempat. Dari ratusan pengendara yang terjaring sebagian besar paling banyak tidak mengenakan helm standar sesuai SNI, serta tidak melengkapi surat-surat kendaraan.

“Dari delapan prioritas ada dua pelanggaran yang paling banyak. Yakni, tidak mengenakan helm standar serta surat kelengkapan kendaraan tidak lengkap,” ujar Erika Purwana.

Sementara itu, Yuli Astutik (30) warga asal Deket, Lamongan salah satu pengendara yang terjaring razia operasi gabungan Zebra Semeru 2019 menuturkan, dirinya tidak menyangka ada razia di Terminal Bunder, Gresik. “Saya tidak membawa SIM C karena ketinggalan di rumah sehingga ditilang petugas,” tandasnya. [dny/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar