Hukum & Kriminal

Ombudsman Jatim Segera Tindaklanjuti Laporan Polres Bojonegoro dalam Penanganan Dugaan Korupsi

Foto: istimewa

Bojonegoro (beritajatim.com) – Lambatnya proses penyidikan dugaan kasus jual beli proyek di Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro yang ditangani oleh penyidik Satreskrim Polres Bojonegoro mulai dilirik oleh Ombudsman Jawa Timur (Jatim).

Kepala Keasistenan Pemeriksaan Ombudsman Perwakilan Jatim Achmad Khoiruddin mengatakan, saat ini pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Inspektur Pengawas Daerah (Irwasda) agar meminta perkembangan proses penyidikan kasus tersebut.

“Kami sudah koordinasi dengan Irwasda untuk meminta perkembangan laporan polisi ini. Selain itu, kedepan sudah ada sistem yang dikelola oleh Irwasda Jatim untuk percepatan pelayanan publik,” ujarnya, Rabu (7/4/2021).

Dia menambahkan, dalam pelayanan kepolisian yang berhubungan dengan aparat penegak hukum (APH), ombudsman sudah ada nota kesepahaman tentang percepatan penyelesaian pengaduan masyarakat khususnya pelayanan publik dan pencegahan maladministrasi terkait dengan pelayanan publik.

“Dugaan korupsi paket proyek yang ada di Dinas Pendidikan sudah dilaporkan ke Polres Bojonegoro. Dengan begitu biasanya sudah ada LP. Kita bisa menindaklanjuti karena sudah ada kerjasama ombudsman dan Kapolri sejak 2000,” katanya.

Sekadar diketahui, penyidik Satreskrim Polres Bojonegoro kini telah menyelidiki kasus dugaan jual beli proyek pokok pikiran (pokir) anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) tahun anggaran 2000 melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bojonegoro. Kasus tersebut masih dalam tahap evaluasi hasil keterangan saksi dan barang bukti lain.

Sebelumnya, Kasat Reskrim Polres Bojonegoro AKP Iwan Hari Poerwanto mengatakan, saat ini penyidik tindak pidana korupsi Satreskrim Polres Bojonegoro sedang melakukan evaluasi hasil pemeriksaan sejumlah saksi dan pembacaan dokumen. “Sekarang masih berjalan, dievaluasi mana-mana yang perlu didalami penyelidikannya,” ujarnya di Mapolres Bojonegoro, Senin (15/2/2021). [lus/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar