Hukum & Kriminal

Oknum Polisi Magetan Bawa Sabu 26 Gram, Divonis 6 Tahun Penjara

Terdakwa Agus Setyawan saat menjalani sidang

Surabaya (beritajatim.com) – Majelis hakim yang diketuai Martin Ginting menjatuhkan hukuman selama enam tahun pada Agus Setyawan dalam sidang yang digelar di ruang Candra Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Rabu (7/4/2021).

Selain hukuman badan, Terdakwa juga diwajibkan membayar denda sebesar Rp 800 juta apabila tidak bisa dibayar maka dikurung pidana selama satu bulan.

Vonis ini lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Ahmad Muzakki yang dalam sidang sebelumnya menuntut pidana selama tujuh tahun, denda Rp 800 juta dan subsider tiga bulan.

Dalam vonis hakim disebutkan, profesi Terdakwa yang seorang aparat penegak hukum menjadikan hal yang memberatkan bagi Terdakwa.

“Saudara divonis enam tahun, lebih ringan satu tahun dari tuntutan pak Jaksa. Bagaimana sikap Saudara?,” tanya hakim Ginting pada Terdakwa yang kemudian dijawab dengan pikir-pikir oleh Terdakwa.

Perlu dikerahui, Terdakwa menerima sabu dari saksi Rizky Yuniar Purwantoro (yang diajukan dalam berkas terpisah) dengan berat sebanyak 20 gram dengan cara membeli dengan harga Rp 950.000 per gram, namun terdakwa baru membayar sebesar Rp. 7.500.000. Bahwa sabu tersebut nantinya akan dipakai sendiri oleh terdakwa dan sebagian lagi diberikan kepada Informan terdakwa.

Perbuatan terdakwa tersebut diatas, diatur dan diancam pidana sesuai ketentuan pasal 114 ayat (2) Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. [uci/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar