Hukum & Kriminal

Nyaru Ojek Online, Solichin Curi Motor di G Walk Surabaya

Solichin jalani sidang secara daring di ruang Cakra PN Surabaya, Senin (21/7/2021)

Surabaya (beritajatim.com) –  Solichin bin Sapi’i dihukum 15 bulan oleh majelis hakim yang diketuai I Ketut Tirta di ruang Cakra Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Rabu (21/7/2021).

Terdakwa dinyatakan terbukti bersalah lantaran mencuri motor di depan toko Dominos Pizza G Walk Citraland Jl Niaga Gapura No. 14 Kota Surabaya pada Minggu 10 Januari 2021 lalu.

Saat melakukan aksinya, terdakwa menyaru sebagai tukang ojek online dengan mengenakan atribut perusahaan ojek online tersebut.

“Mengadili menyatakan terdakwa bersalah secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana sebagaimana dalam surat dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU). Terdakwa dihukum satu tahun tiga bulan penjara dan menetapkan terdakwa dalam tahanan,” kata Hakim Ketut, Rabu (21/07/2021).

Dalam surat dakwaan JPU Ugik Ramantyo,  terdakwa terbukti melakukan aksi pencurian sepeda motor secara bersama-sama dengan saksi Agus Siswanto Bin Imam Sapi’i yang dituntut dalam berkas berbeda.

Ketika melakukan aksi pencurian terdakwa mengenakan atribut ojek online untuk menyamar. Terdakwa kemudian berboncengan dengan terdakwa Agus mencari sasaran.

Setelah merasa ada sasaran yang pas. Para terdakwa menghampiri sepeda motor tersebut kemudian dibawa kabur oleh Agus.

“Agus yang bawa motornya kemudian dijual. Saya pulang ke arah rumah. Motornya dijual, hasilnya dibagi berdua,” kata terdakwa.

Motor curian itu dijual seharga Rp 3 juta kepada seseorang berinisial Cak Fira. Hasilnya dibagi berdua, Agus mendapat bagian Rp 2 juta sedangkan terdakwa Solichin mendapat Rp 1 juta.

Atas hukuman yang dijatuhkan oleh majelis hakim, terdakwa hanya bisa pasrah dan menerima putusan tersebut. “Saya menyesal yang mulia. Saya terima,” tutupnya. [uci/ted]



Apa Reaksi Anda?

Komentar