Hukum & Kriminal

Nyamar Tukang Service AC, Dua Orang Rampok Rumah Warga Pondok Jati

Dua orang yang diduga pelaku perampokan saat terekam cctv

Sidoarjo (beritajatim.com) – Modus kejahatan pura-pura mau memperbaiki AC, ujungnya merampok terjadi di perumahan Pondok Jati Blok BV No. 03 RT 47 RW 11 Desa Pagerwojo Kecamatan Buduran. Aksi kejahatan terjadi saat korban Achmad Sholikin (37) dan istrinya sedang kerja. Di rumah hanya ada seorang pembantu sendirian.

Harta korban dikuras dua maling yang mengaku tukang servis AC suruhan nyonya Sholikin. Akibat peristiwa itu, korban Achmad Sholikin mengalami kerugian sekitar Rp 20 juta.

Suhendar, tetangga korban menceritakan peristiwa itu terjadi saat siang hari sekitar pukul 14.30 WIB. “Di rumah hanya ada pembantu rumah tangga saja. Sedangkan Sholikin dan isterinya kerja di Surabaya,” katanya, Kamis (11/6/2020).

Lanjut Suhendar, dua orang pelaku datang ke rumah korban Achmad Sholikin dengan berpura-pura sebagai tukang servis AC. Dua pelaku ditemui oleh pembantu rumah tangga korban yakni Nur Jannah.

Melihat gelagat kedua orang itu, Nur Jannah mulai menaruh curiga. Karena majikanya pun, sebelum berangkat kerja tak berpesan jika akan ada tukang AC datang. “Karena curiga Nur Jannah pun telpon majikannya, untuk memastikan kebenaran dua orang itu,” imbuhnya.

Selanjutnya, istri Achmad Sholikin menghubungi balik pembantu rumah tangganya dengan cara video call. Selain menghubungi pembantu rumah tangga, istri Achmad Sholikin juga berbicara dengan salah satu pelaku, via video call. “Istri Achmad Sholikin memastikan wajah tukang servis AC dengan cara video call,” jelasnya.

Di saat Nur Jannah sibuk menerima satu tamu itu, tamu yang lain menyelinap masuk rumah Achmad Sholikin. Di saat istri Achmad Sholikin melihat pelaku lewat video call, ia tidak pernah kenal orang itu.

Karena tak mau kena tipu, istri korban Achmad Sholikin mencoba lagi menghubungi tetangganya. “Usai dimintai tolong lewat telepon, tetangga korban yang bernama Sulis dan Ny. Lukman langsung memeriksa, rumah korban,” paparnya.

Berbarengan dengan kedatangan dua tetangga korban, dua pelaku langsung kabur melarikan diri. Pelaku kabur mengendarai motor Honda beat.

Selang satu jam, istri Achmad Sholikin pulang dan langsung memeriksa barang berharga yang disimpan di lemari. “Ternyata perhiasan emas berupa gelang, cincin emas kawin, emas antam, liontin dan anting-anting, dua buah Kutipan akta Nikah dan Kartu NPWP, sudah raib,” ungkapnya.

Atas kejadian itu, korban Achmad Sholikin melaporkan ke Mapolresta Sidoarjo. Dan untungnya, kedua pelaku sempat terekam cctv yang terdapat di perumahan tersebut. Sementara itu Kasubag Humas Polresta Sidoarjo Ipda Tri Novi membenarkan telah menerima laporan itu dan sekarang masih proses penyelidikan. “Iya mas, masih kita Lidik,” pungkasnya. (isa/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar