Hukum & Kriminal

Nonton Liga Inggris Bisa Dilaporkan Pidana? Ini Penjelasan Mabes Polri

Surabaya (beritajatim.com) – Bagi Anda penggemar sepakbola tepatnya Liga Inggris, bakal dimanja dengan semua pertandingan laga bergengsi di Benua Eropa tersebut.

Kali ini Mola TV secara resmi mengumumkan kerja samanya dengan Matrix dan MIX. Kini Premier League dapat ditonton melalui Mola TV di kawasan perumahan dengan bantuan layanan Mola Matrix sedangkan untuk keperluan komersil bisa menggunakan layanan dari MIX.

Mola Matrix merupakan layanan baru yang dibentuk oleh Mola TV dan operator parabola Matrix TV untuk menghadirkan kanal Mola TV ke pengguna parabola.

” Tujuan Mola TV menggandeng kerja sama dengan 2 partner resminya dalam penayangan Premier League di Indonesia adalah untuk memberikan kenyamanan bagi individu atau komunitas pecinta bola dalam menyaksikan pertandingan Premier League di tempat-tempat favorit, baik bersama keluarga atau teman-teman,” ujar COO Mola Live Arena, Kamis (25/7/2019).

” Bagi venue atau usaha komersil yang menyelenggarakan program lini, kami akan memastikan bahwa penyelenggaraan sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Selain mendapatkan registrasi resmi sebagai anggota dan venue yang terdaftar, mereka juga akan mendapatkan siaran resmi untuk area komersial dari pemegang hak siar.” lanjut Bobby.

Lalu bagaimana dengan pihak yang tidak berkerjasama dengan namun menayangkan program siarn Piala Dunia tersebut?

AKBP Gusti Ngurah Astawa selaku Kanit IV Subdit IV Tipiter Ditreskrimsus Bareskim Mabes Polri menyatakan pihaknya bakal memproses secara hukum bagi pihak yang tidak bekerjasama dengan Mola TV maka akan diberikan sanksi pidana.

” Jadi sifatnya adalah delik aduan, jadi apabila ada pihak yang mengadukan akan kami tindak,” ujar Gusti, Kamis (25/7/2019).

Dijelaskan Gusti, pelanggaran yang umumnya terjadi dalam kasus ini adalah kegiatan usaha penyiaran secara ilegal, pelanggaran hak siar terhadap penyedia konten yang memiliki lisensi.

Adapun ciri-ciri operator ilegal adalah operator berlangganan tv ilegal menawarkan paket layanan siaran dari operator yang resmi. Operator tv berlangganan ilegal menawarkan paket sangat murah dibawah harga yang ditawarkan operator resmi.

Selain itu juga kualitas siaran lebih buruk dari pada layanan siaran yang resmi. Cenderung tidak mau bekerjasama dengan operator resmi, cenderung memperkaya diri sendiri dan menghindar dari pajak.

“Berusaha mendekati pejabat yang berpengaruh dengan tujuan perlindungan apabila sewaktu-waktu bermasalah dengan petugas,” tambahnya.

Sementara Christoffer selaku COO MIX menyatakan untuk rencana ke depan pihaknya telah mempersiapkan berbagai keuntungan dan kejutan yang menarik kepada venue yang terdaftar sebagai anggota dari Mola Live Arena.

Ayl Farid Wajdl, Chief of Distribution 8. Broadcast (CDB) Mola TV, menyatakan rasa optimisnya bahwa kerja sama membangun layanan Mola Matrix akan saling menguntungkan, dan tentunya sejalan dengan rencana pengembangan Mola TV di Indonesia.

Layanan dalam Mola Matrix menghadirkan 4 kanal utama Mola TV antara lain Mola Sports 1 yaitu 24 jam kanal Premier League. Mola Sports 2 yang berisi beragam acara olahraga dunia dan nasional.

Mola Film yang menghadirkan berbagai film dalam dan luar negeri serta tayangan orisinil priduksi Mola TV dan Nola Kisd yang meruoakan tayanhan 24 jam khusus acara anak-anak seperti barney and friends, garfield dan masih banyak lagi. [uc/tedi]





Apa Reaksi Anda?

Komentar