Iklan Banner Sukun
Hukum & Kriminal

Niat ngamen, Dua Pemuda Gasak Motor di Bulak Rukem Timur

Dua tersangka saat diamankan di Polsek Kenjeran.

Surabaya (beritajatim.com) – IAP (17), warga Jalan Tanah Merah dan SA (16), warga Bulak Rukem ditangkap Polsek Kenjeran setelah keduanya terpergok mencuri motor Honda Vario di Jalan Bulak Rukem Timur, Rabu (24/11/2021). Sayang, satu rekannya SU berhasil melarikan diri.

Kanit Reskrim Polsek Kenjeran Iptu Suryadi menjelaskan, Kejadian ini bermula ketika mereka keliling di wilayah Bulak Rukem Timur untuk mengamen. Namun, ternyata mengamen hanya sebagai modus saja, tersangka juga mengincar sasaran setiap langkahnya.

Hingga saat berada di depan rumah korban, ia melihat sepeda motor terparkir. “Korban lupa mencabut kunci motor, ketiganya langsung bergegas mengambil motor itu,” jelas Kanit Reskrim Polsek Kenjeran Iptu Suryadi, Sabtu (26/11).

Motor tersebut langsung dinyalakan oleh SU yang bertindak sebagai joki. Sementara IAP berada di tengah, dan SA duduk paling belakang. Mereka berboncengan tiga untuk melarikan motor tersebut.

Namun, korban yang mendengar suara motornya langsung lari keluar rumah. “Korban meneriaki maling, mereka kebingungan dan tersangka SA terjatuh kemudian diamankan warga,” terangnya.

SA akhirnya dibawa ke Mapolsek Kenjeran. Dalam interogasi, diketahui satu lagi nama temannya berinisial IAP. Polisi mencari keberadaan IAP dan berhasil menangkapnya di Jalan Kedinding Jaya mengendarai motor curian tersebut. “Kami amankan tersangka IAP bersama motor korban. Sementara R, sudah melarikan diri sebelum kami datang,” tuturnya.

Pengakuan tersangka, mereka baru sekali ini mencuri motor. Dikarenakan melihat kunci motor masih tertancap. Meski begitu, mereka mengaku jika sebelumnya mencuri barang apapun yang saat itu dilihatnya ketika mengamen. “Mereka mengamen sambil mencari sasaran. Pernah mencuri tabung gas namun tidak ketahuan,” ungkapnya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, kedua tersangka dijerat dengan pasal 363 dengan ancaman penjara 4 tahun. (ang/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati

Unik dan Lucu, Lomba Sugar Glider di Surabaya

Aryo Seno Bicara Organisasi Sayap PDI Perjuangan