Hukum & Kriminal

Nelayan Paciran Ini Diringkus Polisi Akibat Gondol Dompet Isi HP dan Uang

Pelaku dan barang bukti prncurian saat diamankan oleh Polsek Paciran.

Lamongan (beritajatim.com) – Pria yang merupakan seorang nelayan asal Paciran ditangkap oleh warga di Desa Tunggul Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan, karena telah menggondol dompet berisi uang dan HP.

Beruntung, pelaku pencurian yang diketahui bernama Nailul Author (39) tersebut tidak langsung dihakimi oleh warga setempat saat dirinya dipergoki oleh korbannya sendiri saat ia menjalankan aksi pencurian.

“Iya, kejadiannya hari Sabtu kemarin. Bertempat di Desa Tunggul Kecamatan Paciran. Aksi tersangka dipergoki oleh korbannya sendiri,” ujar Kasi Humas Polres Lamongan, Iptu Estu Kwindardi, Minggu (29/8/2021).

Pada kesempatan itu, Iptu Estu menceritakan, bahwa kejadian tersebut bermula saat korban, Nora Ristiana (29), yang merupakan warga setempat hendak mengurusi bisnis jilbabnya di rumah saksi bernama Anik (40). Setibanya di lokasi, lanjut Iptu Estu, korban lalu memarkir motornya di depan rumah Anik.

“Saat tiba di lokasi, korban tidak membawa dompetnya ke dalam rumah dan hanya menggantungkannya di sepeda motor yang ia parkir di rumah saudara Anik. Hal itu lantaran menurut korban keperluannya hanya sebentar,” tandas Iptu Estu.

Lebih lanjut, Iptu Estu menambahkan, bahwa sejenak kemudian pelaku yang mengendarai sepeda motornya langsung menggasak dompet tersebut. Tetapi, korban yang saat itu mengetahuinya langsung berteriak dengan lantang. hingga menyedot perhatian para pengguna jalan dan warga setempat.

“Korban yang mencurigai pelaku langsung reflek meneriakan kata ‘maling’ beberapa kali. Akhirnya, teriakan tersebut menjadi perhatian para pengguna jalan, hingga mereka yang melintas mengejar pelaku itu,” terangnya.

Pelaku yang sudah keburu ketahuan melakukan pencurian, Iptu Estu melanjutkan, panik dan menggeber motornya untuk segera kabur. Namun, nahasnya aksi pelaku berhasil dihentikan oleh warga yang memburunya.

“Pelaku hanya bisa pasrah dan tidak bisa melakukan perlawanan saat motornya dipepet dan dihadang oleh para pengguna jalan. Untung saja warga yang menangkapnya tidak sampai main hakim sendiri,” lanjutnya.

Setelah berhasil menangkap pelaku, warga kemudian menghubungi Polsek Paciran. Sesaat kemudian, petugas Kepolisian tiba di lokasi dan meringkus pelaku untuk dibawa ke Mapolsek setempat.

“Dari tangan tersangka, polisi mengamankan barang bukti berupa uang tunai hasil kejahatannya Rp 133.500, HP Samsung Galaxy A10, dompet warna biru, dan sepeda motor Honda Vario milik pelaku bernopol S 6371 LJ,” papar Iptu Estu.

Kini, Polisi sedang melakukan pengembangan kasus ini melalui penyelidikan dan penyidikan. Hal itu dilakukan untuk mengetahui adakah kemungkinan pelaku tersebut pernah melakukan tindakan serupa di tempat lain. “Tersangka dijerat pasal 362 KUHP tentang pencurian,” pungkas Estu.[riq/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar