Hukum & Kriminal

Nekad Takbir Keliling, Kendaraan Rombongan Akan Diamankan

Tuban (beritajatim.com) – Puluhan personil gabungan dari Polres Tuban, Kodim 0811 Tuban, Satpol PP, Dinas Perhubungan (Dishub) Tuban telah mengelar Apel Antisipasi Takbir Keliling dan Pengamanan Salat Idul Fitri 1442 Hijriyah yang berlangsung di lapangan belakang Polres Tuban, Rabu (12/5/2021) sore.

Dalam pelaksanaan perayaan malam Hari Raya Idul Fitri tahun ini pihak kepolisian telah memberikan himbuan kepada masyarakat terkait adanya larangan untuk pelaksanaan Takbir Keliling. Petugas kepolisian akan menindak tegas terhadap rombongan takbir keliling terutama yang menggunakan kendaraan memakai sound sistem.

“Kegiatan ini seperti pada tahun lalu, kita melaksanan Apel Antisipasi Pengamanan Takbiran. Yang perlu digaris bawahi adalah ada Surat Edaran (SE) Gubernur ada larangan untuk Takbir Keliling untuk menghindari keramaian,” terang AKBP Ruruh Wicaksono, Kapolres Tuban yang telah memimpin Apel Gelar Pasukan itu.

Sebagai antisipasi pencegahan adanya rombongan takbir keliling masuk Kota Tuban, pihak kepolisian sendiri akan melakukan pengamanan di beberapa titik ruas masuk Kota Tuban. Seperti halnya di Manunggal Utara, Manunggal Selatan, Rest Area, Gor, Alun-alun Tuban dan juga simpang empat SMPN 4 Tuban.

“Untuk pelaksanaan Takbiran bisa dilakukan di tempat-tempat Masjid atau Mushola masing-masing. Kita sudah menempatkan personil untuk melakukan penyekatan,” tambahnya.

Selain itu, pihak kepolisian sendiri juga telah memberikan himbuan di desa-desa melalui Polsek-polsek yang ada di Kabupaten Tuban itu. Yang mana jika terdapat kelompok masyarakat yang sudah melakukan persiapan seperti memasang sound sistem dikendaraannya sudah diingatkan untuk membatalkan rencana mereka Takbir Keliling.

“Dari seluruh Polsek jajaran juga sudah melakukan himbuan mereka yang sudah persiapan curi start supaya tidak melakukan takbir keliling. Nanti jika masih ditemukan ada yang melakukan takbir keliling maka kendaranaanya akan kita amankan ke Polres,” tegas Kapolres Tuban asli kelahiran Ngawi itu.[mut/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar