Hukum & Kriminal

Nasib Avriella Shaquilla Sama dengan Vanessa Angel? Ini Penjelasan Penyidik

Surabaya (beritajatim.com) – Petualangan Vanessa Angel dalam lingkaran prostitusi online harus berhenti di jeratan hukum yang dialamatkan pada bintang film televisi (FTV) ini. Echa biasa dia disapa, sebagai pihak yang memberikan servis pada user atau pengguna dalam prostitusi online, secara hukum tidak terjerat.

“Belum ada pasal yang menjerat pihak yang melayani dalam prostitusi online,” ujar Kabid Humas Polda Jatim Kombespol Frans Barung Mangera beberapa waktu lalu.

Namun, Vanessa terjerat pasal 27 ayat 1 UU ITE. Dalam pasal itu disebutkan “Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan”.

Vanessa dianggap salah oleh penyidik karena mengirim foto dan juga chatting vulgar pada muncikari melalui media sosial. Oleh karenanya, Vanessa saat ini berstatus tersangka dan akan dilakukan penahanan di rumah tahanan Mapolda Jatim. Proses penahanan akan dilakukan setelah kondisi kesehatan Vanessa yang saat ini dirawat di RS Bhayangkara segera membaik.

Apa yang dialami Vanessa ini akankah sama dengan Avriella Shaquilla? Mengingat, Avriel juga turut diamankan dalam penggerebekan yang dilalukan Polda Jatim beberapa waktu lalu.

Kasubdit V Cyber Crime Kriminal Khusus Polda Jatil AKBP Harissandi menyatakan dari bukti rekam jejak digital yang dikantongi penyidik, agak susah untuk menjerat model majalah dewasa tersebut. “Kalau Vanessa jelas, dia mengeksplor diri yang tidak sesuai dengan kesusilaan. Lha Avriella?,” ujarnya.

Menurut Harissandi, dalam chatting Avriella dengan muncikari hanya terdapat kata “iya kak” saja dan tidak ada percakapan lain yang ditemukan penyidik. “Kalau hanya kata iya kak begitu, apa yang mau dijeratkan,” ujar Harissandi. [uci/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar