Hukum & Kriminal

Dua Pekan, Polresta Sidoarjo Amankan 26 Tersangka Kasus Narkoba

Sidoarjo (beritajatim.com) – Dalam dua pekan, sejak tanggal 1 hingga 18 Maret 2019, Satresnarkoba Polresta Sidoarjo amankan 26 tersangka yang terlibat dalam 22 kasus penyalahgunaan narkoba. Dari 26 tersangka, petugas berhasil menyita barang bukti berupa sabu-sabu seberat 183,01 gram, pil LL sebanyak 330.650 butir, uang sebesar Rp 755.000 dan HP sebanyak 24 buah.

“Mereka diamankan dalam kasus penyalahgunaan narkoba. Ini hasil uangkap selama dua pekan,” kata Kapolresta Sidoarjo Kombespol Zain Dwi Nugroho Rabu (20/03/2019).

Zain menambahkan, dari barang bukti ratusan ribu pil LL yang berhasil disita tersebut, pihaknya berjanji bakal mencari aktor dari peredaran pil yang akan dipasarkan ke sejumlah pelajar di Sidoarjo itu. “Jangan sampai para pelajar atau kaum milenial di Sidoarjo ini menjadi korban peredaran narkoba,” tegasnya.

Demi meminimalisir beredarnya Narkoba di wilayah hukum Sidoarjo, lanjut mantan Sekpri Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian itu, sejumlah kegiatan preemptive dan preventive juga kerap dilakukan.

Pihaknya berharap kegiatan tersebut mampu memberikan pengertian dan membentuk kesadaran agar tidak menyalahgunakan.

“Di wilayah Sekardangan, Sidoarjo akan kita jadikan pilot project sebagai kampung bebas narkoba. Tidak hanya itu, kami bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Sidoarjo telah memberikan materi terkait narkoba ditingkat SMP,” jelas Akpol lulusan tahun 1997 itu.

Terhadap tersangka, pasal yang telah dilanggar adalah pasal 112 ayat (1) dan pasal 114 ayat (1) UURI No.35 tahun 2009 tentang Narkotika. (isa/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar