Hukum & Kriminal

Napi Putus Sekolah Bisa Ikuti Pendidikan Kesetaraan di Rutan Sumenep

Sumenep (beritajatim.com) – Bersekolah memang bisa dilakukan dimana saja. Tidak selalu harus di bangku sekolah resmi. Seperti yang dilakukan di rumah tahanan negara (rutan) klas IIB Sumenep. Sejumlah warga binaan, mengikuti pendidikan kesetaraan berupa kejar paket A, B, dan C.

“Siapapun dan di manapun, sebagai rakyat Indonesia, harus tetap bisa belajar. Saya kira ini merupakan terobosan luar biasa, di rutan bisa sekolah berupa kejar paket A, B, dan C,” kata Bupati Sumenep, A. Busyro Karim.

Pada Rabu (07/10/2020), Bupati resmi meluncurkan Program Pendidikan Kesetaraan berupa kejar paket A, B, dan C di Rutan Kelas II B Sumenep. Program ini merupakan kerja sama antara Rutan Kelas II B Sumenep dengan Dinas Pendidikan (Disdik) setempat.

“Saya kira ini patut diapresiasi. Di Jawa Timur hanya ada dua rutan yang punya program pendidikan kesetaraan bagi para narapidana, yakni Sidoarjo dan Sumenep,” ujar Busyro.

Saat launching program sekolah di rutan bagi warga binaan itu, Bupati juga menyempatkan diri ‘mengajar’ dan memberikan motivasi kepada para narapidana yang mengikuti program tersebut. “Saya bisa pastikan, pemerintah daerah akan mendukung penuh program ini, baik dari sisi anggaran maupun tenaga pendidiknya. Karena itu, silahkan para narapidana disini ikut program kejar paket, baik A, B, maupun C,” ujarnya.

Ia menerangkan, kalaupun ada yang bebas sebelum menyelesaikan program kejar paket di rutan, maka nantinya tetap bisa melanjutkan di desanya masing-masing. “Yang paling penting itu harus ada kemauan untuk terus belajar. Jadi ketika sudah bebas nanti, bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya,” ucapnya. [tem/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar