Hukum & Kriminal

Namanya Tekle, Spesialis Curi Kotak Amal Masjid

Ponorogo (beritajatim.com) – Sat Reskrim Polsek Siman Ponorogo berhasil mengamankan Ridwan Eko Prasetya (27) alias Tekle karena kepergok mencuri kotak amal di Masjid Nurul Huda Desa Manuk Kecamatan Siman Ponorogo. Dari kotak amal dari masjid tersebut, pelaku berhasil menggasak uang isi kotak amal senilai Rp. 127.000.

”Berawal dari laporan dari warga yang resah masjid-masjid di Siman yang kotak amalnya dicuri. Kami lakukan pengintaian, alhamdulilah berhasil meringkus pelaku,” kata Kapolsek Siman AKP Dwi Agus Cahyono, Senin (29/7/2019).

AKP Dwi Agus mengungkapkan dari keterangan pelaku, ada sedikitnya 5 tempat di wilayah kecamatan Siman,yang kotak amalnya diambil pelaku. Tempatnya antara lain di masjid Desa Sekaran dan masjid Dukuh Pojok Desa Ronosentanan pemuda pengangguran itu berhasil membawa uang masing-masing senilai Rp. 500.000,-. Uang senilai Rp.400.000 dibawa pelaku setelah menguras kotak amal di masjid Arrahmah Desa Pijeran.

”Kebanyakan melakukan aksi di wilayah Kecamatan Siman. Bahkan pelaku juga mengambil kotak amal di makam Desa Manuk. Disana berhasil membawa uang Rp. 160.000,-,” katanya.

Pelaku, kata Dwi Agus modus mengambil uang di kotak amal dengan memakai palu. Bahkan ada beberapa kotak amal yang langsung dibawa begitu saja. Pelaku dijerat dengan pasal 364 KUHP yang merupakan tindak pidana pencurian ringan dan harus dilakukan pemeriksaan cepat (Tipiring).

”Hasil uang mencuri kotak amal itu untuk berfoya-foya pelaku,” katanya.

Sementara itu pelaku Ridwan mengaku uang hasil menjarah kotal amal itu digunakan untuk game online. Selain itu juga untuk membeli makanan, jaket dan kaos. Juga buat untuk kencan dengan PSK.

”Saya mencuri biasanya pas malam hari sekitar jam 2 malam,” pungkasnya. [end/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar