Hukum & Kriminal

Perayaan Natal 2019

Mulai Besok Polres Gresik Sterilisasi Gereja

Gresik (beritajatim.com)- Perayaan Natal hampir tiba dengan segala prosesinya bagi umat kristiani. Guna mengamankan kegiatan spiritual tersebut, polisi juga berupaya agar suasana ibadat berlangsung khidmat dan kondusif.

Di Gresik, pihak kepolisian menyatakan menempatkan personel untuk tiap gereja. Menuju acara pamungkas pada 25 Desember 2019, polisi pun sudah melakukan sterilisasi di sejumlah gereja di wilayah Kabupaten Gresik.

‚ÄúPenempatan personel di gereja biar nanti Kabagops yang mengatur,””ujar Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo, Senin (23/12/2019).

Mantan Kapolres Jember itu juga menuturkan, untuk sterilisasi di sejumlah gereja. Polres Gresik mendatangkan tim jihandak dari Satbrimobda Polda Jatim. Nantinya, tim tersebut melakukan sterilisasi di dalam serta di sekitar lingkungan gereja sebelum misa natal dimulai.

“Gereja yang jumlah jamaatnya banyak tentu jumlah personil yang disiagakan disesuaikan. Hal yang sama pada jumlah jamaatnya menengah,” tuturnya.

Saat ditanyai apakah nantinya akan ada penerapan pemeriksaan metal detector di gereja-gereja. Dijelaskan Kusworo Wibowo, hal itu menjadi kebijakan masing-masing gereja.

“Tergantung tim keamanan masing-masing gereja karena pihak pengamanan internallah yang tahu jemaat gereja tersebut, dan kami dari Polres Gresik siap membantu mendukung pemeriksaan tersebut,” pungkasnya. (dny/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar