Hukum & Kriminal

Perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020

MUI Pamekasan Imbau Ormas Tak Lakukan Sweeping

Pamekasan (beritajatim.com) – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pamekasan, mengimbau sejumlah ormas di wilayah setempat agar tidak melakukan penyisiran atau sweeping ke sejumlah penginapan atau hotel saat perayaan Natal dan pergantian tahun.

Hal itu disampaikan menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru alias Nataru, khususnya pasca menjalin komunikasi dan koordinasi bersama Kapolres Pamekasan, AKBP Djoko Lestari, beberapa waktu lalu.

“Soal keamanan maupun berbagai jenis penyakit masyarakat (pekat) lainnya, kita serahkan kepada pihak yang berwenang. Dalam hal ini aparat keamanan Polres Pamekasan,” kata Ketua MUI Pamekasan, KH Ali Rahbini, Sabtu (21/12/2019).

Terlebih hal tersebut juga sudah menjadi komitmen dari aparat Polres Pamekasan, sekaligus diamini oleh perwakilan MUI dan Fokus Pamekasan dalam kegiatan silaturrahmi bersama Kapolres AKBP Djoko Lestari di Gedung Ksatria Bhayangkara, Jl Stadion 81 Pamekasan.

“Kami bersama para tokoh ulama di Pamekasan, sudah komitmen untuk tidak melakukan penyusutan demi mewujudkan situasi aman dan kondusif. Terpenting petugas optimal melakukan pencegahan terhadap berbagai kegiatan potensial merugikan dan melanggar etika moral, sosial dan agama,” ungkapnya.

Pihaknya berharap tidak ada paksaan bagi karyawan hotel maupun restoran di Bumi Gerbang Salam, agar berpakaian bernuansa natal. “Karena dalam pandangan MUI dan para ulama di Pamekasan, menghormati umat agama lain tidak harus berpakaian sama seperti yang mereka pakai,” harapnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga menegaskan tidak pernah memposisikan diri sebagai penghakim. Namun beredar informasi jika mendapat izin dari MUI, semuanya dapat terlaksana. “Jadi kami tegaskan hal itu tidak benar, soal penindakan tetap kami serahkan kepada pihak berwenang,” tegasnya.

Dalam Operasi Lilin Semeru 2019, tercatat sebanyak 561 personil gabungan bakal disiagakan dalam giat yang dijadwalkan digelar selama 10 hari kedepan. Terhitung sejak Senin (23/12/2019) hingga Rabu (1/1/2020) mendatang.

Total personil gabungan meliputi sebanyak 250 personil Polres Pamekasan, 50 Brimob Subden 3 Den A, 100 personil Kodim 0826, 9 PON TNI, 30 personil Satpol-PP dan 30 personil Dishub, 15 personil Senkom Mitra Polri, 15 anggota Pramuka.

Sedangkan personil lainnya, masing-masing sebanyak 6 personil dari Dinkes, Damkar, BPBD, PLN, Jasa Raharja, Senkom, Palang Merah Indonesia (PMI), Orari, Rapi, serta masing-masing satu personil dari dua radio swasta di Bumi Gerbang Salam. [pin/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar