Hukum & Kriminal

Mudik Lebaran, Ada 3 Pos Pantau di Jalur Pantura Tuban

Tuban (beritajatim.com) – Persiapan pengamanan Arus Mudik 2019, pihak kepolisian jajaran Polres Tuban telah melakukan Apel Gelar Pasukan yang berlangsung di Alun-alun Kota Tuban dengan melibatkan personil gabungan yang akan melakukan pengamanan, Selasa (28/5/2019).

Ratusan personil gabungan dari Polres Tuban, TNI, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tuban ikut dalam apel gelar pasukan dengan Inspektur Upacara Bupati Tuban itu. Yang mana apel pasukan itu dilakukan untuk mengetahui dan mengecek kesiapan personil untuk pengamanan Mudik 2019.

Dalam pelaksanaan upacara itu, sebagai Inspektur Upacara, Bupati Tuban, H Fathul Huda bersama dengan Kapolres Tuban dan Forkopimda Tuban, melakukan pemeriksaan pasukan. Yakni untuk melihat kesiapan personil dan juga perlengkapan untuk pengamanan selama operasi Ketupat Semeru 2019.

“Untuk jumlah personil yang terlibat dalam pengamanan sekitar 408 orang, gabungan dari TNI, Satpol PP, Dishub dan instansi lainnya. Kalau dari Polres sendiri ada sekitar 208 personil,” terang AKBP Nanang Haryono, Kapolres Tuban setelah pelaksanaan apel.

Selain itu, guna memastikan keamanan dan kelancaran bagi para pemudik, Polres Tuban juga telah membuat tiga pos pantau di sepanjang jalur Pantura Tuban ini. Yakni pos pantau itu berada di Widang, kemudian di Bancar yang merupakan perbatasan Jawa Timur – Jawa Tengah dan di tengah Kota Tuban yaitu di Pom Bom.

“Pos pantau kita ada tiga, dan kemudian ditambah satu pos pelayanan Operasi Ketupat Semeru 2019. Pos pelayanan ini bertempat di Rest Area Tuban dan bisa menjadi tempat beristirahat bagi para pemudik, mungkin yang lelah dan capek,” tambahnya.

Sementara itu, semua pos-pos di jalur Pantura Tuban akan diisi oleh para petugas yang gabungan yang ikut dalam pengamanan. Diharapkan pelaksanaan Mudik 2019 bisa berjalan dengan lancar khususnya bagi pemudik yang lewat di jalur Pantura Tuban.

“Untuk operasi Ketupat ini berlangsung selama 13 hari ke depan. Kita harapkan pengamanan Arus Mudik tahun ini bisa lancar dan sukses seperti tahun kemarin,” pungkasnya.[mut/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar