Hukum & Kriminal

Polres Sumenep

Mobil Patroli Dilengkapi APD dan Alat Penggali Kubur

Sumenep (beritajatim.com) – Polres Sumenep melengkapi seluruh mobil patroli di masing-masing fungsi dan polsek jajaran dengan alat pelindung diri (APD) dan alat penggali kubur.

“APD yang kami siapkan di mobil patroli berupa baju, alat penutup wajah, masker, dan sarung tangan. Selain itu, juga kami lengkapi dengan alat penggali kubur,” kata Kapolres Sumenep, AKBP Deddy Supriadi, Rabu (22/4/2020).

Ia menjelaskan, alat penggali kubur juga disiapkan di mobil patroli sebagai bentuk kesiapan anggota, apabila sewaktu-waktu ada informasi korban Covid-19, atau meninggal dan dimakamkan dengan standar Covid-19.

“Anggota kami bersama relawan nanti bisa bersama-sama membantu menggali kubur dan menguburkan jenazah dengan SOP Covid-19, sehingga tidak ada hambatan dalam pelaksanaannya,” ujar Deddy.

Sebelumnya, salah seorang warga Sumenep berinisial S, dimakamkan di Desa Moncek Tengah, Kecamatan Lenteng dengan standar Covid-19. S meninggal di Ngawi, dalam perjalanan dari Tangerang ke Sumenep karena sakit.

Meski surat keterangan dari RSUD Dr Soetomo Surabaya menerangkan bahwa almarhum meninggal bukan karena penyakit menular, namun sebagai bentuk antisipasi, jenazah tetap dimakamkan dengan standar pemakaman pasien Covid-19. Saat proses pemakaman, sempat ada kendala dengan penggalian kubur. Apalagi pemakaman dilakukan malam hari. [tem/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar