Iklan Banner Sukun
Hukum & Kriminal

Minum Arak Bali lalu Keroyok Orang, Anggota Geng Crazi Surabaya Divonis 1 Tahun Penjara

Terdakwa Alfain Ichdy Tabarukan dan Leo Alessandro Fugu mendengarkan putusan hakim, di ruang Candra PN Surabaya, secara online, Senin (11/04/2022).

Surabaya (beritajatim.com) – Dua pemuda, yakni Alfain Ichdy Tabarukan dan Leo Alessandro Fugu Soba, divonis 1 tahun penjara. Kedua pemuda berusia 19 tahun asal Driyorejo Gresik ini dianggap terbukti melakukan pengeroyokan sebagaimana tertuang dalam pasal 170 ayat (2) ke-2 KUHPidana.

Putusan yang dibacakan Ketua Mejelis Hakim I Gusti Ngurah Putra Atmaja tersebut lebih ringan enam bulan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Sulfikar dari Kejari Tanjung Perak.

“Mengadili, menyatakan para terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melanggar tindak pidana pengeroyokan yang menyebabkan luka ringan dan luka berat,” ujar hakim I Gusti Ngurah Putra Atmaja, sieuang Candra PN.Surabaya, Senin (11/04/2022).

Perbuatan keduanya bermula saat bersama Antok, Ilyas, Fatra, Ipan, Rosi, Zaky dan Arif meminum arak Bali hingga mabuk berat dan sempoyongan. Anggota Geng Crazi itu pun berencana untuk menggelar tawuran di rel kereta api, Jalan Karang tembok Surabaya.

Sembari sempoyongan, mereka lalu menuju ke lokasi yang dimaksud dengan membawa batu, botol bir bintang kosong, senjata tajam jenis clurit dan samurai. Alat itu yang akan digunakan untuk tawuran. Saat itu, ada Jaka Amanillah yang sedang asyik bermain game.

“Saksi Jaka Amanillah yang melihat ada tawuran yang saling lempar batu dan botol kaca memutuskan untuk pergi dari tempat tawuran tersebut,” ujar jaksa Sulfikar dalam dakwaannya.

Namun, 9 anggota gengster itu malah melukai korban Jaka Amanillah. Alfain alas Alpen dan Leo melempar batu ke arah korban dan mengenai punggung Jaka. Sementara tujuh orang lainnya ada yang menyabet pinggang Jaka dengan clurit dan kekerasan lainnya.

Jaka akhirnya dilarikan ke RSUD Husada Prima untuk mendapat perawatan medis. Hasil pemeriksaan ditemukan bahwa korban mengalami luka robek pada pinggang kanan ukuran 10×5 cm dengan perdarahan aktif.

“Juga ditemukan luka robek pada pinggang kanan dengan ukuran 2×1 cm dengan perdarahan aktif,” jelas jaksa Sulfikar. [uci/but]

 

 


Apa Reaksi Anda?

Komentar