Hukum & Kriminal

Beraksi di 13 TKP

Meski Gemuk, Residivis Ini Lincah saat Mencuri dan Meloloskan Diri

Sidoarjo (beritajatim.com) – Meski tubuhnya tambun dan usia sudah tua, tapi Suharianto (50) warga Jalan Kutilang, Kecamatan Gedangan, Sidoarjo ini tergolong lincah, terutama dalam hal mencuri. Namun kali ini Suhariamro kena apesnya. Residivis yang terancam Pasal 362 KUHP itu harus mendekam kembali di penjara.

Suharianto diringkus anggota Opsnal Resmob Satreskrim Polresta Sidoarjo, di Jalan Raya Modong Tulangan. Dia disangkakan mencuri laptop di Toko AA Raafi Fried Chicken Jalan Samanhudi No 90 Jasem, Kelurahan Bulusidokare, Kecamatan/Kabupaten Sidoarjo.

Modus dalam melakukan kejahatan, dia berpura-pura membeli makanan di TKP. Saat korban lengah, pelaku langsung mengambil 1 unit laptop merk asus, tipe A42F, 14 inci, warna hitam yang berada di atas freezer. Usai mencuri, pelaku melarikan diri dan sempat dikejar korban, tapi tidak tertangkap. Pelaku langsung naik sepeda motor dan pergi.

Suharianto bru berhasil diringkus setelah anggota Opsnal datang ke lokasi dan melakukan penyelidikan serta memeriksa saksi-saksi dan juga melihat rekaman CCTV toko. Dari ciri-ciri pelaku yang sudah dikantongi, akhirnya anggota Opsnal Resmob Satreskrim Polresta Sidoarjo berhasil menangkap pelaku di kawasan Tulangan.

Sumber di kepolisian mengatakan, Suharianto adalah pelaku lama. Ia pernah ditangkap di tahun 2007 dan 2017. “Pelalu mengakui yang mencuri laptop di depot burger, Sabtu (18/4/2020) sekitar pukul 9.39 itu adalah dirinya,” ucap sumber tersebut, Selasa (28/4/2020).

Yang lebih mengejutkan, beber sumber, pelaku juga mengakui melakukan pencurian di 12 TKP di Sidoarjo lainnya. Rinciannya, di TKP RM. Padang Larangan Candi, hasil HP OPPO warna putih; TKP Ruko perumahan Magersari hasil Tab Samsung 21-11-2019, sekira pukul 10.18 Wib; TKP Depot Domba Bluru, hasil Tab Merk Samsung, TKP Toko Sukodono, hasil tabung elpiji.

Pernah mencuri di TKP RM. Pujasera belakang Ramayana, hasil Hp Merk Xiomi, TKP Lingkar Timur Kota, hasil rokok surya 12 pack, TKP warung nasi Gedangan, hasil Hp Advance, TKP warung nasi Waru, hasil Hp Evercross, TKP Warkop Kludan Tanggulangin, hasil Hp Oppo, TKP Keboansikep Gedangan, hasil Hp Coolpad, TKP Joho Gedangan, hasil Hp Xiomi dan di TKP Tebel timur Gedangan berhasil menggasak Hp Xiomi.

Kasubbag Humas Polresta Sidoarjo Ipda Tri Novi Handono menyatakan belum mendapatkan tembusan dari penyidik soal penangkapan dugaan pelaku pencuri laptop di Toko AA Raafi Fried Chicken Jalan Samanhudi No 90 Jasem Kelurahan Bulusidokare itu.

“Nanti kalau sudah ada tembusan, dan mungkin masih dalam pengembangan. Kalau ada tembusan dari penyidik, akan saya kabari,” terangnya kepada wartawan melalui ponselnya. [isa/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar