Hukum & Kriminal

Melawan saat Ditangkap, Kaki DPO Pelaku Ranmor Ditembak

Pelaku pencurian sepeda motor yang diamankan petugas di Mapolsek Tambaksari, Surabaya, Minggu (24/1/2021).(Istimewa)

Foto caption : Pelaku pencurian sepeda motor yang diamankan petugas di Mapolsek Tambaksari, Surabaya, Minggu (24/1/2021).(Istimewa)

Surabaya (beritajatim.com) – Seorang pelaku pencurian motor dilumpuhkan dengan timah panas. Petugas kepolisian Satreskrim Polsek Tambaksari, Surabaya, mengintai selama sepekan pasca laporan kepolisian. Setelah diselidiki, pelaku ternyata meninggalkan jejak hingga petugas bisa melakukan pendalaman dan mengamankannya.

Kanit Reskrim Polsek Tambaksari, Iptu Didik Ariawan menjelaskan, usai dilakukan pengintaian dan hendak disergap, pelaku yang sudah dikepung enggan menyerahkan diri dan justru melawan untuk melarikan diri.

“Usai dilakukan tembakan peringatan pelaku masih nekat melarikan diri dan kami tindak tegas terukur untuk melumpuhkannya. Pelaku dilaporkan dua kali melakukan pencurian dengan ciri dan kronologis serta barang bukti yang mengarah ke pelaku,” jelasnya kepada beritajatim.com, Minggu (24/1/2021).

Usai dilumpuhkan, petugas melakukan penggeledahan dan pemeriksaan terhadap pelaku. Benar, pelaku mengakui perbuatannya mencuri motor. Usai berhasil menggondol sepeda motor, pelaku menjualnya ke penadah.

Tak hanya menjual secara utuh kendaraan hasil curiannya, barang bukti juga ditengarahi dijual dengan cara eceran atau pretelan sebagai sperpart bekas. Oleh sebab itu, petugas juga mencari penadah yang diduga juga menjadi pemesan kendaraan curian ke pelaku lainnya.

Kanit Reskrim juga menjelaskan, pelaku yang ditindak tegas diketahui bernama, Hendrawan Hariyanto (21). Pelaku ini diketahui asal Dusun Asemkandang Desa Prajegan Kecamatan Sukorejo Ponorogo. Sedangkan di Surabaya, ia lebih memilih indekos. “Dalam catatan kepolisian diketahui Hendrawan ini kerap beraksi di beberapa wilayah di Kota Surabaya, itu terbukti dari beberapa laporan korban yang masuk ke pihak kepolisian,” Papar Iptu Didik.

Ciri-ciri pelakunya sendiri diketahui berdasarkan keterangan korban yang melapor baik ke Polsek Tambaksari maupun Polsek lain jajaran Polrestabes Surabaya. “Sedikitnya ada dua laporan yang masuk ke polisi dan mengarah ke pelaku ini sebagai otak pelaku pencurian tersebut. Aksi terakhirnya yakni pada tanggal 17 Januari lalu,” sebut Iptu Didik.

Laporan polisi itu diantaranya, Nomor: LP-B / 03 / I / RES.1.8 / 2021 / RESKRIM / Surabaya / SPKT Polsek Tambaksari tanggal 04 Januari 2021.

Laporan Polisi Nomor: LP-B / 17 / I / RES. 1.8 / 2021 / RESKRIM / Surabaya / SPKT Polsek Tandes tanggal 17 Januari 2021.

Didik melanjutkan, pelaku dapat diamankan berawal pada, Kamis tanggal 21 Januari 2021 sekitar pukul 18.45 WIB, tim opsnal Sat Reskrim mendapatkan informasi jika pelaku yang pernah mencuri motor di Jalan Raya Arjuna Surabaya akan membawa barang curiannya. Informasi tersebut ternyata benar ketika pelaku Hendrawan saat itu sedang mengendarai sepeda motor menuju Pasar Kembang Surabaya langsung dilakukan pengejaran.

Dari pelaku, barang bukti yang diamankan ada dua mata kunci T, kunci Pas, anak kunci yang ada magnit nya, selembar STNK, ATM BRI dan kartu hp. Dalam Interogasi singkat, pelaku juga mengaku bahwa dia juga pernah melakukan pencurian di wilayah Manukan Tama, Surabaya. “Selanjutnya tersangka dan Barang Bukti dibawa ke mako Polsek Tambaksari guna pemeriksaan lebih lanjut,” tandasnya.(man/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar