Hukum & Kriminal

Melawan, Empat Pelaku Curas ini Dapat Hadiah Timah Panas

Sidoarjo (beritajatim.com) – Empat warga Pasuruan ini bukan mengikuti lomba balapan kursi roda, melainkan dapat ganjaran timah panas dari Satreskrim Polresta Sidoarjo karena melawan dan mencoba melarikan diri saat akan ditangkap dalam kasus pencurian dengan kekerasan (curas) yang pernah mereka lakukan di perumahan Gafing Fajar Desa Sepande Kecamatan Candi.

Keempat pelaku itu adalah, Mukhlis (34), Kriswanto (19), Muhammad Taufik (21) warga Desa Ploso Sari, Kecamatan Grati, Pasuruan dan Budi Prasetyo (40) warga Desa Gondang, Kecamatan Grati, Pasuruan.

Kapolresta Sidoarjo Kombespol Zain Dwi Nugroho mengatakan, penangkapan keempat pelaku itu bermula dari banyaknya laporan dari masyarakat. “Langsung kami lakukan penyelidikan. Dari hasil rekaman CCTV, kami temukan petunjuk,” katanya Sabtu (16/11/2019).

Setelah petugas mendapati ciri dan identitas keempat tersangka, penyelidikan hingga pengintaian dilakukan. Nah saat dibuntuti, mereka hendak beraksi lagi di daerah Kraton, Pasuruan. “Mau motong gembok, kita turun dan langsung kami sergap,” tegas Zain.

Saat penyergapan, petugas terpaksa melakukan tindakan tegas dan terukur dengan cara menembak para pelaku lantaran para tersangka hendak melempar bondet. “Karena membahayakan petugas, kami lakukan tindakan tegas dan terukur,” terangnya.

Saat beraksi, lanjut Zain, keempat pelaku curas bermobil ini membawa bom ikan (bondet). Bondet tersebut digunakan apabila aksinya dipergoki warga. “Sangat meresahkan. Apabila aksinya dipergoki, mereka melemparkan bondet,” ungkapnya. (isa/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar