Hukum & Kriminal

Marinir Indonesia dan Marinir Amerika Lomba Balap Karung

Banyuwangi (beritajatim.com) – Prajurit Korps Marinir TNI AL dan Marinir Amerika Serikat (USMC) yang tergabung dalam Latihan Bersama Platoon Exchange (Platex) 2019 melaksanakan berbagai perlombaan dalam rangka memperingati HUT ke 74 Kemerdekaan Republik Indonesia di hutan Selogiri Kalipuro, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (17/08/2019).

Berbagai perlombaan yang disaksikan Komandan Satgas Latma Platex 2019 Mayor Marinir Eko Budi Prasetyo, Perwira Interpreter Mayor Marinir Anton Waris Kuncoro, Pasiops Yonif 3 Mar Mayor Marinir Iskandar Muda Tanjung, Kapten USMC Alfarado dan Lettu USMC Clark tersebut diantaranya balap bakiak, balap karung, memindahkan tepung estafet, memindahkan belut, memasukkan pensil ke dalam botol secara tim dan panjat pinang.

Perserta maupun para penonton begitu meriah saat menyaksikan Marinir kedua negara itu mengikuti perlombaan. Kebersamaan dan kerjasama prajurit Marinir Indonesia – Amerika ditunjukkan saat mereka mengikuti lomba.

Semua perlombaan yang diikuti prajurit Marinir kedua Negara tersebut berlangsung sangat menarik, karena semua perlombaan dilakukan secara gabungan, yaitu Marinir Indonesia – Amerika berbaur menjadi satu.

Komandan Satgas Latma Platex 2019 Mayor Marinir Eko Budi Prasetyo mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke 74 Kemerdekaan Republik Indonesa. Selain itu juga sebagai sarana memperkenalkan budaya asli Indonesia kepada Marinir Amerika serta sebagai wahana mempererat persahabatan Marinir kedua Negara.

“Kegiatan ini juga sebagai sarana refresing bagi prajurit Marinir kedua negara, setelah sekian hari melaksanakan materi latihan,” jelasnya.

Sementara itu Kapten USMC Alfarado yang juga ikut dalam lomba panjat pinang menyampaikan rasa senangnya dengan pengalaman baru yang didapatnya saat mengikuti lomba panjat pinang, karena lomba tersebut belum pernah dilakukan selama ini.

Dikatakan juga bahwa prajurit USMC awalnya malu-malu dalam melakukan perlombaan, tetapi setelah mengetahui cara permainannya, mereka langsung berbaur dan bekerjasama dengan Marinir Indonesia dalam mengikuti perlombaan.

“Selamat ulang tahun ke 74 Republik Indonesia,” pungkasnya. [isa/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar