Hukum & Kriminal

Manjakan Kaum Rebahan, Urus SIM Cukup di HP dan Hasilnya Diantar ke Rumah

Ilustrasi pembuatan SIM di Tunjung Plazza 1, Surabaya, belum lama ini. (Manik Priyo Prabowo)

Surabaya (beritajatim.com) – Pembuatan Surat Ijin Mengemudi (SIM) khusus perpanjangan cukup dengan di rumah. Hari Selasa (13/4/2021) siang pukul 13.00 WIB aplikasi ini akan diluncurkan oleh Korlantas Mabes Polri. Bersama Polres, Polresta dan Polrestabes di Indonesia, peluncuran pelayanan SIM online ini akan digelar secara virtual.

Kasat Lantas Polrestabes Surabaya, AKBP Teddy Candra menjelaskan, pelayanan SIM Online ini sudah total hanya menggunakan ponsel pintar saja. Dari proses pendaftaran, tes psikotes, pengungguhan data dan foto. Bahkan sampai proses pembayaran juga melalui transfer atau bisa mobile banking.

“Semua proses ada dalam genggaman penganju SIM perpanjangan ini. Jadi tak ada yang mengurus di kantor SIM Corner atau pelayanan SIM Colombo,” jelasnya kepada beritajatim.com, Senin (12/4/2021).

Tak hanya itu, pengaju SIM perpanjangan hanya duduk manis atau bahkan tiduran di rumah saja. Jika persyaratan dan pembayaran administrasi bank selesai, SIM akan diantar langsung. Bahkan bisa juga cuma diambil melalui kantor Post terdekat lho.

“Kalau mau duduk ya silakan, karena pengambilan SIM ada 4 mekanisme. Salah satunya adalah di antar sampai rumah,” papar Teddy.

Lebih lanjut Teddy Candra menjelaskan, pembuatan SIM perpanjangan ini bisa diambil menggunakan 4 cara. Keempat cara tersebut yakni pertama bisa diambil sendiri ke kantor Satpas Colombo, diambil menggunakan ojek online atau ojol, pengiriman menggunakan kantor Post dan perwakilan.

Diharapkan, melalui pembaruan sistem ini, Polri akan semakin presisi dan dekat dengan masyarakat. Terlebih, seiring perkembangan teknologi, pelayanan teknologi 4.0 sudah harus dikembangkan sedini mungkin. Agar masyarakat semakin merasakan kemudahan proses pelayanan Polri ini.

Semengara hingga pukul 16.50 WIB beritajatim.com mencati aplikasi dengan nama Sinar, Sina dan atau SIM Nusantara Presisi belum ada di Playstore. Diharapkan, esok usai diluncurkan aplikasi ini bisa di unggah melalui Play Stote Android dan juga Apple Store. [man/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar