Hukum & Kriminal

Maling Kotak Amal Kembali Beraksi, Kali ini Aksinya Terekam CCTV

Tuban (beritajatim.com) – Aksi pencurian kotak amal masjid kembali terjadi di wilayah Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Dan kali ini terjadi di masjid Nurun Amal Singosari, Lingkungan Widengan, Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding itu, Selasa (28/4/2020). Aksi pencurian kotak amal itu terekam kamera CCTV yang terpasang di masjid. Kini pelaku pencurian sudah dalam pengejaran petugas.

Informasi yang dihimpun beritajatim.com, hilangnya kotak amal baru disadari oleh para jamaah setelah salat subuh. Khususnya salah satu jamaah putri yang biasa menaruh kunci motornya di atas kotak amal saat ia salat berjamaah.

“Pas saya sudah mau niat sholat, keponakan saya memanggil bilang kalau kotak amalnya tidak ada,” terang Hj Astimi, salah satu jamaah Masjid Nurul Amal Singosari, Lingkungan Widengan, Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Tuban.

Setelah mereka selesai melakukan salat berjamaah itu, para ibu-ibu jamaah itu langsung bilang kepada jamaah lainnya. Setelah dilihat ternyata terdapat satu kotak amal berukuran besar yang ada di tiang masjid sebelah tempat jamaah putri tersebut.

“Kalau isinya tidak tahu, tapi kalau harga kotak amalnya sendiri itu sendiri sekitar 200 ribu rupiah. Ini kotaknya baru dibuka awal puasa kemarin,” ungkap H Achmad, yang merupkan ketua Takmir Masjid Nurul Amal itu.

Sementara itu, setelah diketahui kotak amalnya hilang pengurus masjid kemudian membuka rekaman dari CCTV yang terpasang di dalam masjid tersebut. Dari hasil rekaman itu terlihat jelas awal kedatangan pelaku masuk ke dalam masjid hingga akhirnya keluar dengan memboncengkan kotak amal itu.

Pelaku seorang laki-laki bertubuh besar itu menggunakan sepeda motor Beat warga hitam dan hanya terlihat sendirian. Sedangkan untuk melakukan aksinya pencurian kotak amal itu pelaku sebelumnya terlihat mondar-mandir untuk mengawasi kondisi sekitar dan dalam waktu sekitar sepuluh menit akhirnya aksi pelaku berhasil menggasak kotak amal itu. “Dalam rekaman kejadian itu sekitar setengah satu dini hari tadi,” tambahnya.

Mengetahui kotal amal masjid tersebut raib, sejumlah warga akhirnya melaporkan kejadian itu kepada pihak kepolisian jajaran Polres Tuban. Petugas yang mendapatkan laporan telah mendatangi lokasi dan memeriksa rekaman CCTV guna melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk menangkap pelaku.[mut/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar