Iklan Banner Sukun
Hukum & Kriminal

Maling Gondol 149 Tablet di SMPN 1 Semanding Tuban, Begini Kronologinya

Tampak suasana depan SMP Negeri 1 Semanding, Kecamatan Semanding, Tuban.[foto: M Muthohar]

Tuban (beritajatim.com) – Sudah beberapa hari tidak dilakukan pengecekan, sebanyak 149 unit Tablet Samsung Galaxi Tab A milik SMP Negeri 1 Semanding, Kabupaten Tuban yang disimpan di ruangan Laboratorium Komputer sekolahan tersebut tiba-tiba diketahui sudah raib saat kembali dilakukan pengecekan.

Tablet untuk kebutuhan belajar mengajar para siswa-siswi di SMP Negeri 1 Semanding, Tuban itu diketahui sudah raib dari tempat penyimpanannya itu pada hari Senin (30/8/2021) kemarin. Namun, pihak sekolah baru melaporkan kejadian itu ke polisi satu hari kemudian setelah barang tersebut diketahui hilang hari Rabu (1/9/2021).

Data yang dihimpun beritajatim.com, hilangnya 149 tablet milik SMP Negeri 1 Semanding itu pertama kali diketahui oleh Toni Budi Santoso, yang merupakan Pengelola Sarpras SMP Negeri 1 Semanding. Saksi mengetahui barang elektronik itu sudah tidak ada saat ia masuk ke dalam ruangan Lab Komputer tersebut pada hari Senin (30/8/2021) sekitar pukul 12.00 Wib dengan tujuan akan menyimpan laptop ke dalam ruangan itu.

“Saat itu saksi masuk ke dalam ruangan Lab komputer dengan maksud untuk menyimpan sebuah Laptop ke Almari atau etalase kaca. Pada saat menaruh laptop tersebut saksi melihat ada beberapa dushbook Tablet Merk Samsung Galaxi TAB A yang posisinya tidak teratur atau berubah posisi,” terang IPTU Carito, Kapolsek Semanding, Polres Tuban saat dikonfirmasi terkait kejadian itu.

Tampak suasana depan SMP Negeri 1 Semanding, Kecamatan Semanding, Tuban.[foto: M Muthohar]
Tak hanya posisi dushbook tablet itu telah berserakan, saksi yang saat itu berada di ruangan Lab Komputer tersebut juga melihat tumpukan dushbook yang masing-masing berisikan Tablet itu jumlahnya berkurang. Awalnya, saksi mengira jika beberapa jumlah tablet tersebut dipergunakan oleh siswa dan pada hari itu Kepala SMP Negeri 1 Semanding itu tidak ada di sekolah.

“Karena Kepala Sekolah pada hari itu tidak berada di sekolah maka baru pada keesokan harinya yaitu pada Hari Selasa tanggal 31 Agustus 2021, saksi memepertanyakan tentang tablet tersebut pada Kepala Sekolah apakah dipinjam siswa atau tidak. Pada saat ditanya Kelapa Sekolah menjelaskan bahwa tidak ada siswa yang meminjam maupun mempergunakan tablet-tablet yang berada di ruang tersebut,” papar Kapolsek Semanding.

Mengetahui bahwa sejumlah tablet telah hilang, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Semanding itu melalukan pengecekan di ruangan Lab Komputer dan menghitung berapa jumlah tablet yang tersisa. Setelah dilakukan pencegekan terhadap Tablet Samsung Galaxi Tab A di sekolahan itu, ternyata sebanyak 149 unit sudah hilang yang diduga dicuri.

“Setelah dicek ternyata ada sebanyak 149 unit Tablet Merk Samsung Galaxi TAB A beserta keseluruhan dushbooknya yang hilang akibat dicuri oleh orang yang belum diketahui identitasnya. Selanjutnya pihak sekolah melaporkan kejadian itu ke Polsek Semanding pada Hari Selasa sekitar pukul 14.00 Wib,” ujar IPTU Carito menjelaskan kronologi kasus tersebut.

Sementara itu, pihak kepolisian dari Polsek Semanding, Polres Tuban yang mendapatkan laporan tersebut langsung turun lapangan untuk melakukan penyelidikan dengan menggelar olah TKP di sekolahan tersebut dan memeriksa saksi. Adapun akibat kejadian hilangnya 149 unit Tablet Samsung Tab A itu kerugian material ditaksir mencapai Rp Rp.296.510.000. [mut/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar