Hukum & Kriminal

Maling Bermobil Jarah Sapi Milik Warga Leces Probolinggo

Probolinggo (beritajatim.com) – Hamidi (60), warga Dusun Krajan, Desa Jorongan, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo, kemalingan. Satu ekor sapi indukan miliknya raib pada Minggu (14/2/2021) dini hari.

“Iya sapi indukan milik saya hilang semalam,” ujar Hamidi.

Sebelum sapi seharga Rp.20 juta itu hilang, Toyip (65), kerabat Hamidi, melihat sebuah mobil Avanza warna silver datang dari arah selatan menuju rumah korban. Selanjutnya, mobil berbelok ke arah barat menuju belakang rumah Hamidi, atau tepatnya di kandang sapi.

Karena tak ada rasa curiga, Toyip, pun mengira mobil tersebut hanya parkir. Selang beberapa menit, Toyip kembali melihat kendaraan tersebut melaju kencang meninggalkan lokasi. Sekira pukul 03.00 WIB.

Toyip pun curiga. Ia lantas mengecek kandang sapi milik Hamidi, dan ternyata benar, ia menemukan pintu kandang yang diganjal dengan kayu dan diikat karet sudah terbuka. “Saya lihat satu ekor sapi seharga Rp 20 juta hilang,” ujarnya.

Sementara, 2 ekor sapi lainnya dan kambing yang juga ada di dalam kandang tidak dicuri. Ia pun meyakini, bahwa sapi diangkut pelaku dengan mobil Avanza. Ia sendiri tidak mengetahui berapa orang pelaku di dalam Avanza.

Sepengetahuan Toyip, sapi indukan yang dipelihara sejak 10 tahun silam itu telah lima kali beranak. Hamidi sudah berusaha mencari keberadaan sapinya dan belum melaporkan kasus tersebut ke Polsek Leces, Polres Probolinggo.

Menurut Toyip, wilayah hukum Polsek Leces, Kabupaten Probolinggo, kerap diobok-obok maling. Sebelumnya, kasus pencurian terjadi di sebuah toko. Lalu, dua ekor sapi milik Dul Wafi, tetangga Toyip, dan terakhir milik Hamidi.

Meski Polisi sering melakukan patroli di daerahnya itu, aksi pencurian masih terjadi. “Polisi sudah sering malakukan patroli di Desa Jorongan ini,” pungkasnya.

Sampai berita ini diunggah Sat Reskrim Polsek Leces, Polres Probolinggo, belum berkomentar. [eko/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar