Hukum & Kriminal

Malam Tahun Baru, Polres Tuban Lakukan Penyekatan Kendaraan Masuk Kota

Tuban (beritajatim.com) – Ratusan personil gabungan dari jajaran Polres Tuban bersama dengan TNI, Dinas Perhuhungan dan juga Satpol PP serta pihak dari tim Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban telah melakukan apel bersama menjelang pengamanan malam tahun baru di wilayah Kabupaten Tuban, Kamis (31/12/2020) sore.

Petugas dari berbagai instansi tersebut akan melakukan tindakan tegas terhadap mereka yang akan melakukan konvoi dan juga perayaan malam tahun baru yang bisa menimbulkan kerumunan. Bahkan petugas akan melakukan penyelatan kendaraan yang akan masuk Kota Tuban di beberapa titik.

Data yang dihimpun beritajatim.com, dalam pelaksanaan pengamanan malam tahun baru di Tuban guna mencegah terjadi kerumunan massa sekitar 400 personil telah dikerahkan. Yakni mereka akan ditempatkan dibeberapa titik penyekatan serta akan dilakukan patroli skala besar di titik rawan terjadinya kerumunan massa.

“Kita telah bersama-sama melakukan apel untuk kesiapan pengamanan malam tahun baru. Kita sudah sampaikan yang pertama adalah penerapan jam malam mulai dari pukul 20.00 wib sampai dengan pukul 04.00 Wib,” terang AKBP Ruruh Wicaksono, Kapolres Tuban setelah kegiatan apel.

Dengan adanya jam malam tersebut, Kapolres Tuban menegaskan bahwa untuk perayaan malam tahun baru dilarang, terutama kegiatan-kegiatan yang bisa menimbulkan kerumunan massa. Jika memang terjadi kerumumanan maka petugas akan langsung melakukan pembubaran. “Setiap bentuk kerumanan masyarakat yang kita temukan akan kita bubarkan. Kita akan melakukan patroli gabungan skala besar,” tambahnya.

Selain akan melakukan pembubaran kerumanan massa, petugas kepolisian juga melakukan penyekatan untuk mencegah terjadi konvoi dari kelompok massa yang akan masuk wilayah Tuban. Ada 9 titik penyekatan pemeriksaan kendaraan yang akan dilakukan, seperti di perbatasan Palang dengan Brondong, Lamongan, Widang dengan Babat serta titik lainnya.

“Kita juga telah melakukan kerja sama dengan tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban untuk melakukan Rapid Test. Pelaksanaan Rapis tes dilakukan di dua titik dan sudah disiapkan ratusan rapid tes untuk mereka yang ditemukan berkerumun. Nanti apabila ada warga yang ditemukan reaktif akan langsung ditindaklanjuti,” tegas AKBP Ruruh Wicaksono.

Sementara itu, Kapolres Tuban berharap bahwa warga masyarakat untuk tidak merayakan malam pergantian tahun ini secara berlebihan serta tetap berada di rumah. Hal tersebut bertujuan untuk kebaikan bersama guna mencegah penyebaran Covid-19 di Tuban yang saat ini masih tinggi.[mut/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar