Hukum & Kriminal

Main HP Saat Berkendara Jadi Sasaran Operasi Semeru 2019

Jombang (beritajatim.com) – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Jombang menggelar operasi ‘Keselamatan Semeru 2019’ yang dimulai 29 April hingga 12 Mei 2019. Ada tujuh pelanggaran yang dibidik oleh petugas.

Salah satunya adalah pengendara yang bermain HP (Handphone) saat naik motor. Selain itu, juga pengendara yang tidak memakai helm, berkendara dalam keadaan mabuk, tidak mengenakan seat belt, masih di bawah umur atau tidak memiliki SIM, serta berkendara dengan kecepatan tinggi.

“Kita sudah melakukan gelar pasukan. Juga memasang spanduk berisi pemberitahuan di sejumlah titik strategis. Dengan begitu masyarakat bisa mengetahui tentang adanya operasi ini,” kata Kasat Lantas Polres Jombang AKP Inggal Widya Perdana, Senin (29/4/2019).

Inggal menjelaskan, dalam sosialisasi tersebut pihaknya juga menggandeng komunitas kampus. Salah satunya dilakukan di STKIP PGRI Jombang. Alasanya, selama ini komunitas tersebut cenderung dinamis karena diisi oleh kelompok milenial. “Operasi kita lakukan hingga 12 Mei 2019,” jelas Inggal.

Apa sanksi yang akan diberikan bagi pelanggar? Inggal mengungkapkan, sanksi cukup variatif. Mulai dari sanksi berupa teguran hingga tilang. “Kalau masih bisa ditolerir hanya kita beri imbauan. Namun jika sudah keterlaluan, maka diberikan sanksi tegas berupa tilang,” pungkasnya. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar