Hukum & Kriminal

Mahasiswa Ini Bersekongkol Curi Mobil Operasional Bank

Surabaya (beritajatim.com) – Opsnal Unit Jatanras melakukan pengungkapan kasus pencurian mobil operasiknal bank milik Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Tiga orang pelaku diduga melakukan pencurian dengan pemberatan sesuai pasal 363 KUHP pada Selasa, (23/3/2021) di kantor pusat Jalan Basuki Rahmat.

Kasus pencurian yang dilaporkan ini kemudian diselidikan dan diketahui kunci serep mobil hilang dari kotak penyimpanan. Petugas yang memperoleh laporan pun memeriksa saksi dan kamera pengawas.

“Setelah diselidiki ternyata dugaan kami benar bahwa ada keterlibatan orang dalam. Sebab kunci cadangan hilang. Selanjutnya kita periksa kamera pengawas dan merujuk adanya keterlibatan orang dalam ini,” jelas Iptu Agung Kurnia Putra, Kamis (18/3/2021).

Menurut pemeriksaan awal, diduga ada minimal dua pelaku yang menjalankan aksi pencurian mobil ini. Selanjutnya usai diperiksa sejumlah saksi, ternyata AD (18) mahasiswa asal Buduran, Sidoarjo, ini tak menunjukkan itikat baik pemeriksaan. Ternyata benar, AD bersekongkol dengan dua lelaki mencuri mobil tersebut.

AD berperan mengambil kunci cadangan di dalam kantor kemudian memberikan ke pelaku lain yakni Iksan (37) warga Sawahan Surabaya. Iksan ini datang bersama Oka Dwi (35) warga Jombang menggunakan mobil parkir di gedung bank tersebut. Kemudian Iksan keluar membawa mobik Innova Reborn nopol L1544 QK.

“Pencurian ini sudah direncanakan dan bahkan pelaku membuat strategi yang sudah matang. Tapi mereka masih meninggalkan jejak dan belum profesional. Ketiganya sudah diamankan dan sekarang dalam pemeriksaan untuk kelengkaoan berkas perkara di pengadilan,” tandas Agung.

Lebih lanjut Iptu Agung memaprkan dari tangan tersangka dan lokasi kejadian, petugas mengamankan barang bukti. Diantaranya yakni (satu) stel baju sesuai rekaman CCTV, 1 (satu) unit toyota avanza 1.3 G F653RM MT warna hitam metalik dengan nopol L 1137 YA (sarana) sesuai rekaman CCTV, 3 (tiga) buah HP milik ketiga pelaku. [man/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar