Hukum & Kriminal

Mahasiswa Asal Sumenep Ini Simpan 18 Poket Sabu Siap Edar

Sumenep (beritajatim.com) – Whisky Paku Sadewo (26), warga Desa Marengan Laok, Kecamatan Kalianget, Kabupaten Sumenep, dibekuk aparat Satreskoba Polres setempat karena kedapatan menyimpan narkotika jenis sabu.

Penangkapan terhadap mahasiswa jurusan Administrasi Negara ini merupakan pengembangan dari penangkapan pelaku atas nama Herman (25), warga Desa Cangkreng, Kecamaran Lenteng.

“Tersangka Herman ditangkap di belakang sebuah toko di pinggir jalan Desa Cangkreng, sesaat setelah melakukan transaksi sabu,” kata Kasubag Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti, Minggu (07/06/2020).

Awalnya petugas menerima informasi dari masyarakat bahwa tersangka Herman diduga sering membawa masuk sabu ke Desa Cangkreng. Anggota pun melakukan penyelidikan dan mendapat informasi bahwa tersangka Herman berada di belakang sebuah toko sambil membawa sabu.

Anggota Satreskoba pun langsung menuju lokasi dan melakukan upaya paksa berupa penangkapan disertai penggeledahan terhadap tersangka Herman.

“Saat digeledah, tersangka berusaha membuang sabu yang disimpannya dengan cara menginjak menggunakan kaki sebelah kiri. Namun berhasil diketahui anggota,” ungkap Widiarti.

Sabu yang disita dari tersangka Herman sebanyak satu poket seberat 0,47 gram. Saat diinterogasi, Herman mengaku membeli sabu itu dari tersangka Whisky. Tanpa buang waktu, anggota Satresnarkoba Polres Sumenep langsung menuju rumah Whisky untuk melakukan penangkapan dan penggeledahan.

“Tersangka Whisky ditangkap dirumahnya tanpa perlawanan. Saat petugas melakukan penggeledahan, ditemukan 18 poket sabu siap edar di kamar tersangka,” papar Widiarti.

18 poket sabu yang ditemukan di kamar tersangka Whisky itu mempunyai berat kotor bervariasi. Paling rendah 0,36 gram, dan paling berat 0,48 gram.

“Dalam penggeledahan itu,  anggota juga menemukan uang tunai Rp 200
000 hasil penjualan sabu. Kemudian ditemukan juga timbangan elektrik, plastik klip kecil kosong, serta seperangkat alat hisap,” terang Widiarti.

Kedua tersangka saat ini diamankan di Mapolres Sumenep, dijerat Pasal 114 ayat (1) dan (2) subsider Pasal 112 ayat (1) dan (2) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang narkotika. (tem/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar