Hukum & Kriminal

Lolos dari Jeratan Pasal Narkoba, Hakim dan Jaksa Sepakat Jhon Mayoko Melanggar UU Kesehatan

Surabaya (beritajatim.com) – Majelis hakim yang diketuai Sarwedi menjatuhkan hukuman 20 bulan penjara pada Jhon Mayoko karena terbukti melanggar pasal 196 UU RI Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan.

“Mengadili, menjatuhkan pidana penjara terhadap terdakwa Jhon Mayoko selama 1 tahun dan 8 bulan penjara, dikurangkan selama terdakwa berada dalam tahanan,” ujar hakim Sarwedi dalam amar putusannya.

Meski dalam dakwaan, Terdakwa dijerat dengan UU narkotika namun hakim berpendapat bahwa sesuai fakta persidangan Terdakwa hanya terbukti memiliki pil koplo sebanyak 350 butir.

Tak hanya hukuman badan, terdakwa juga dijatuhi pidana denda Rp 100 juta, subsider satu bulan kurungan. Dalam amar putusannya, hakim Sarwedi sepakat dengan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Hasanuddin Tandilolo yang menuntut terdakwa Jhon Mayoka dengan pasal kesehatan dan hukuman 2 tahun penjara.

Atas putusan ini, terdakwa Jhon Mayako dan JPU Hasanuddin Tandilolo dari Kejari Tanjung Perak kompak langsung menyatakan terima. “Terima pak hakim,” ujar terdakwa kepada majelis hakim.

Untuk diketahui, kasus ini berawal saat Frengki Yulianto (berkas terpisah) meminta Jhon Mayoko untuk membelikan sabu-sabu dengan harga Rp 200 ribu. Setelah mendapatkan barang haram itu, Jhon memberikannya kepada Frengki dengan imbalan uang Rp 25 ribu.

Singkat cerita, Frengki kemudian ditangkap polisi karena kedapatan membawa sabu seberat 0,35 gram. Dari hasil pengembangan, polisi akhirnya juga menangkap Jhon Mayoko pada 15 Desember 2019. Atas perbuatannya, Jhon Mayoko dijerat dengan pasal 114 ayat 1 dan pasal 112 ayat 1 UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Sementara itu dalam dakwaan kedua dijelaskan bahwa Jhon Mayoko mendapatkan 1 ribu pil koplo jenis double L dengan cara membeli kepada Anton (DPO) seharga Rp 750 ribu. Sesuai rencana, pil koplo itu akan dijual kembali dengan keuntungan Rp 1,2 juta. Jhon dijerat dengan pasal 196 UU RI Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. [uci/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar