Iklan Banner Sukun
Hukum & Kriminal

Lima Menit, Mobil INCAR Rekam 120 Pelanggar Lalin di Bangkalan

Mobil INCAR Polres Bangkalan (Foto: Zamachsari/beritajatim.com).

Bangkalan (beritajatim.com) – Pelanggaran pengendara lalu lintas di Kabupaten Bangkalan, kini semakin mudah terdeteksi.

Pasalnya, Polres setempat telah memiliki mobil Integrated Node Capture Attitude Record (INCAR) dengan dilengkapi kamera ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) yang bisa merekam aktifitas pengendara di jalan.

Kasatlantas Polres Bangkalan, AKP Abdul Aziz Sholahuddin mengatakan, teknologi dalam kamera tersebut cukup canggih. Terbukti, pada saat mobil INCAR beroperasi selama lima menit mampu merekam 120 pelanggar lalu lintas.

“Jadi setiap pengendara yang melintas dan melakukan pelanggaran bisa langsung terekam. Bahkan dalam lima menit, bisa merekam 120 pelanggaran,” ujarnya,Selasa (14/6/2022).

Ia juga mengatakan, saat pengendara melakukan pelanggaran maka secara otomatis tercatat di dalam sistem. Selanjutnya, petugas akan mengirimkan surat konfirmasi terkait pelanggaran yang dilakukan.

“Surat konfirmasi itu diberikan dengan tujuan memastikan kendaraan digunakan oleh pemilik di STNK atau sudah berpindah tangan. Jika memang pemiliknya masih sama maka akan dilakukan penilangan, sebaliknya jika pemilik pindah tangan, maka surat tilang akan dikirim ke pemilik yang baru,” ungkapnya.

Ia mengaku, tilang elektronik tersebut dinilai cukup efektif. Sebab, melalu alat tersebut pelanggar tidak bisa lagi mengelak karena telah direkam. Selain itu,tidak ada interaksi antara polisi dan pelanggar secara langsung.

“Jadi ketika tidak ada interaksi langsung juga meminimalisir perdebatan dengan pelanggar lalin, serta mencegah adanya tindakan lain yang bisa disalahgunakan oleh oknum,” pungkasnya.[sar/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar