Hukum & Kriminal

Layanan ‘Petis’ di Pamekasan untuk Pemohon SIM yang Sering Gagal Ujian

Seorang pemohon SIM C menjalani uji praktik di lapangan uji praktik Satpas Polres Pamekasan, Jl Raya Nyalaran.

Pamekasan (beritajatim.com) – Pelatihan Uji Praktik SIM atau populer dengan program Petis, diterapkan Satlantas Polres Pamekasan, guna memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat khususnya para pemohon Surat Izin Mengemudi (SIM).

Hal tersebut merupakan program terobosan dan inovatif yang diterapkan instansi korps baju coklat, serta diperuntukkan bagi para pemohon SIM yang sering gagal melakukan uji praktik. Bahkan uji praktik tersebut juga tanpa dipungut biasa alias gratis.

“Program ini sudah berjalan sejak tahun lalu, sebelumnya dilaksanakan setiap Jumat pukul 13:00 WIB. Saat ini diganti pukul 14:00 hingga 15:00 WIB di hari yang sama, di lapangan uji praktik Satpas Polres Pamekasan, Jl Raya Nyalaran,” kata Kapolres Pamekasan, AKBP Apip Ginanjar melalui Kasat Lantas Polres Pamekasan, AKP Deddy Eka Aprianto, Selasa (1/6/2021).

Layanan tersebut sengaja diterapkan sebagai langkah antisipatif sekaligus respon atas kejenuhan para pemohon SIM. “Layanan ini berangkat atas adanya pemohon yang merasa jenuh karena selalu gagal dan mengulang uji praktik, tidak jarang sebagian di antara mereka memutuskan berhenti,” ungkapnya.

“Padahal uji praktik (bagi para pemohon SIM) merupakan standar ujian yang dilaksanakan di seluruh Indonesia. Sehingga melalui program ini, nantinya dengan mudah masyarakat dapat memiliki SIM demi terwujudkan tata tertib lalu lintas,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, dengan penerapan layanan tersebut juga diharapkan nantinya masyarakat dapat melalui berbagai tahapan tes sesuai dengan regulasi yang berlaku. “Dengan program ini, para pemohon yang sering gagal uji praktik dapat dengan mudah mengikuti uji praktik dan memahami berbagai aturan lalu lintas, sehingga mereka nantinya bisa lulus dan mendapatkan SIM,” jelasnya.

“Tidak hanya itu, program uji praktik ini tidak hanya berlaku untuk pemohon yang mengurus SIM A. Tapi program Petis ini juga berlaku untuk pemohon SIM A dan digelar tanpa dipungut biaya alias gratis,” pungkasnya. [pin/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar