Hukum & Kriminal

Larang Takbir Keliling, Polres dan Dandim 0802 Ponorogo Lakukan Operasi Skala Besar

Kapolres dan Dandim saat melakukan operasi skala besar di malam jelang lebaran. (Foto/Humas Polres Ponorogo)

Ponorogo (beritajatim.com) – Menjelang lebaran, jajaran dari Polres dan Kodim 0802 Ponorogo menggelar operasi berskala besar. Operasi dalam rangka mengantisipasi masyarakat melaksanakan takbir keliling malam jelang lebaran dipimpin langsung oleh Kapolres Ponorogo AKBP. Muchammad Nur Azis dan Dandim 0802 Ponorogo Letkol Inf. Sigit Sugiarto. Sebelumnya, polisi sudah melarang masyarakat melakukan takbir keliling saat pandemi virus Covid-19.

Dalam kesempatan itu, Kapolres Ponorogo kembali menegaskan kegiatan takbir keliling malam jelang lebaran dilarang dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus corona. “Silahkan menggaungkan takbir di rumah masing-masing dan tak menggelar takbir keliling,” kata Kapolres sebelum berangkat melakukan operasi, Rabu (12/5/2021) malam.

Personel Babinsa, Bhabinkamtibmas, hingga kelurahan telah turun hingga ke RT/RW untuk melakukan imbauan terkait larangan takbir keliling ini. Pihaknya akan mengedepan upaya preventif dan persuasif dalam rangka mencegah kegiatan takbir keliling oleh masyarakat.

“Di penghujung bulan suci Ramadan, kita biasa menyaksikan takbir keliling, takbiran yang mewarnai kota ponorogo. Tahun ini, takbir itu tetap menggema, tapi takbir itu tidak bergaung di jalan-jalan, takbir itu kini bergaung di tiap-tiap rumah, di tiap-tiap ruang di dalam rumah kita. Di rumahku, takbirku,” ungkapnya

Selain imbauan tak menggelar takbir keliling, Kapolres juga mengimbau masyarakat yang merayakan Idul Fitri untuk tetap menahan diri berada di rumah. Pasalnya sudah setahun lebih pandemi Covid-19 masih melanda negeri ini. “Semoga pandemi Covid-19 ini segera berakhir,” pungkasnya. (end/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar