Hukum & Kriminal

Gandeng LPPA Bina Annisa

Lapas Klas IIB Mojokerto Ajak Warga Binaan Melek Hukum

Mojokerto (beritajatim.com) – Sebanyak 30 tahanan titipan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Mojokerto mengikuti Penyuluhan Hukum Serentak dalam rangka memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan ke 55 dengan tema ‘Pemasyarakatan Pasti’ di aula Lapas Klas IIB Mojokerto.

Materi bantuan hukum gratis untuk masyarakat miskin sesuai Undang-undang RI Nomor 16 Tahun 2011 tentang Bantuan Hukum dan Undang-undang RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi Transaksi Elektronik (ITE) tersebut disampaikan oleh Lembaga Pendampingan Perempuan dan Anak (LPPA) Bina Annisa.

Plt Kepala Lapas Klas IIB Mojokerto, Andik Prasetyo mengatakan, kegiatan tersebut merupakan rangkaian peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke 55. “Kegiatan ini dilakukan serentak seluruh Indonesia, yakni di Rutan dan Lapas,” ungkapnya, Selasa (23/4/2019).

Kebetulan, lanjut Kepala Seksi Pembinaan dan Pendidikan (Binadik), Lapas Klas IIB Mojokerto sudah membuat MoU dengan Bina Annisa. Sehingga LPPA Bina Annisa diundang untuk memberikan pengertian hukum terhadap para pendampingan yang membutuhkan khususnya warga binaan.

“Dari tahun ke tahun bentuk kejahatan sudah mulai lebih komplek, dulu konvensional. Sekarang lebih komplek, masyarakat masih banyak yang belum paham tentang UU ITE. Sekarang di medsos sendiri, kita salah ketik saja sudah bisa dilaporkan,” katanya.

Target dari kegiatan tersebut, lanjut Andik, agar warga binaan memiliki wawasan tentang hukum terutama UU ITE dan menyampaikan ke teman maupun keluarga. Yakni bijak ber sosmed. Menurutnya, para peserta merupakan tahanan dengan status titipan penyidik.

Hari Bhakti Pemasyarakatan sendiri diperingati setiap tanggal 27 April. Saat ini, jumlah keseluruhan warga binaan di Lapas IIB Mojokerto sebanyak 691 warga binaan. Dari jumlah tersebut, 400 warga binaan diantaranya berstatus tahanan.[tin/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar