Hukum & Kriminal

Lapas Kesulitan Pisahkan Ruangan Tersangka Kunci Korupsi Manggisan 

Muhammad Faris Nurhidayat, tersangka kunci korupsi Pasar Manggisan Jember.

Jember (beritajatim.com) –  Lembaga Permasyarakatan Kelas II A di Kabupaten Jember, Jawa Timur, kesulitan memisahkan ruangan penahanan Muhammad Faris Nurhidayat, tersangka kunci korupsi Pasar Manggisan.

Sebelumnya Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban datang ke Jember, terkait permintaan agar memasukkan Faris dalam program perlindungan saksi. Permohonan tersebut masih dibahas LPSK. Namun jika Faris benar-benar mendapat perlindungan karena menjadi justice collaborator, maka dia berhak mendapatkan pengamanan ekstra dan pemisahan ruang tahanan.

Pemisahan ruang tahanan inilah yang sulit dilakukan. “Karena kami over kapasitas, (Faris akan diutamakan) hanya dari segi pengamanan, bukan dari segi tempat. Kalau tempat, tidak mungkin kami memisahkan. Kamar untuk sekian orang, hanya untuk satu orang,” kata Kepala Lapas Jember Yandi Suyandi, Senin (24/2/2020).

LPSK sudah bertemu dengan Faris. “Hasilnya kami tidak tahu,” kata Yandi.

Saat ini empat tersangka kasus korupsi Pasar Manggisan ditempatkan di ruang terpisah di Lapas Jember. “Mereka mungkin lain pandangan, lain lawyer,” kata Yandi.

Setiap hari ada 12 tenaga pengamanan. “Kami jalankan sesuai SOP. Cuma ada perhatian khusus terhadap Faris. Saya tugaskan beberapa orang,” kata Yandi. (wir/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar