Hukum & Kriminal

Lapas Banyuwangi Razia Dadakan, Hasilnya Mengejutkan

Satuan Tugas Kamtib Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jawa Timur bersama Satops Patnal Korwil Jember dan Korwil Malang menggelar razia dadakan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banyuwangi.

Banyuwangi (beritajatim.com) – Satuan Tugas Kamtib Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jawa Timur bersama Satops Patnal Korwil Jember dan Korwil Malang menggelar razia dadakan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Banyuwangi. Sebanyak 44 blok kamar sel tahanan diobok-obok petugas.

Bahkan, razia ini juga menyasar area taman, bengkel kerja dan gudang. Sejumlah barang yang dicurigai tak luput dari pemeriksaan ini.

“Kegiatan razia penggeledahan rutin ini merupakan tindak lanjut atas arahan Direktur Jenderal Pemasyarakatan yang berkomitmen menjadikan Lapas yang bersih dari praktik peredaran gelap narkoba, handphone dan barang terlarang lainnya,” Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkum HAM Jatim, Hanibal, Kamis (25/2/ 2021).

Hasilnya, petugas menyita ratusan barang terlarang milik warga binaan. Di antaranya handphone, gunting dan pisau. Selain itu ditemukan pula kompor portabel, korek api hingga speaker aktif. Barang-barang ini diselundupkan warga binaan ke dalam Lapas dengan berbagai cara.

“Nantinya, barang-barang terlarang itu akan dimusnahkan. Bisa jadi (barang) dari kunjungan dari luar ataupun saat mereka bekerja di luar Lapas. Makanya kita bersihkan semua,” katanya

Meski demikian, hasil razia tak mengendus adanya kepemilikan narkoba. “Sampai dengan terakhir kita razia belum ditemukan narkoba,” pungkasnya. (rin/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar