Hukum & Kriminal

Lakukan Kontrol, Rutan Medaeng Tes Urine Tamping

Rutan Klas I Medaeng Surabaya terus melakukan pembinaan dan kontrol terhadap Warga Binaaan Pemasyarakatan (WBP)

Surabaya (beritajatim.com) – Rutan Klas I Medaeng Surabaya terus melakukan pembinaan dan kontrol terhadap Warga Binaaan Pemasyarakatan (WBP), salah satunya adalah dengan tes urine. Hal ini dilakukan secara rutin dan bertahap.

Kasi Pelayanan Tahanan Akhmad Nuri Dukha menyatakan untuk kali ini tes urine dilakukan pada 10 pendamping tahanan (tamping) gereja. Tes dilakukan mendadak pada siang hari sekitar pukul 13.00-14.00 Wib.

“ Yang dites urine tamping gereja jumlahnya 10 orang dan Alhamdulilah hasil negatif semua,” ujar Dukha, Rabu (16/9/2020).

Rutan Klas I Medaeng Surabaya terus melakukan pembinaan dan kontrol terhadap Warga Binaaan Pemasyarakatan (WBP)

Ditambahkan Dukha, tujuan dilakukan tes urine ini merupakan wujut dari program pembinaan dan kontrol terhadap warga binaan terutama Tamping agar tetap konsisten untuk berubah menjadi lebih baik.

Dukha menambahkan, tes urine ini dilaksanakan secara mendadak agar pihaknya bisa mengetahui kebenarannya karena ingin Tamping gereja (tempat ibadah) menjadi contoh untuk warga binaan yang lain.

Tes urine ini sering dilakukan oleh pihak Rutan Medaeng, Dukha menyebut setiap dua bulan sekali tes urine dilakukan pada semua WBP termasuk yang mau Asimilasi, usul cuti bersyarat (CB) atau pembebasan bersyarat (PB) juga dilakukan tes urine.

“Kalau ada yang hasilnya positif maka pengajuan asimilasi, CB atau PB tersebut tidak kita proses,” ujar Dukha. [uci/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar