Hukum & Kriminal

Kurir Narkoba Ini Beli Rumah dan Mobil, Kemudian Dimiskinkan Polisi

Surabaya (beritajatim.com) – AW alias AT (30) akhirnya ditangkap usai menjadi buronan polisi selama enam bulan lebih. AW merupakan seorang ‘kuda hitam’alias kurir narkoba yang menerima 3 kg sabu dan 6 ribu pil ekstasi.

Pelaku diamankan Satnarkoba Polrestabes Surabaya saat hendak mengirimkan barang ke pemesan sabu yang tak lain adalah polisi. Karena rapi dan cepat, AW jni sempat lolos beberapa kali dengan minta sistem ranjau. Meski licik dan gesit, WA akhirnya bisa diamankan dengan cara petugas membuat pola penggrebekan yang berbeda.

“Pada awal bulan Juni 2020 pukul 18.30 WIB di jalan Bungurasih depan salah satu swalayan di Waru Sidoarjo tersangka mendapat barang dari HD dari Lapas Porong. Ranjau tersebut berupa narkotika jenis sabu sebanyak 3 kg. Sedangkan Januari 2020 di Jl Bungurasih Waru Sidoarjo juga mendapatkan ranjau barang berupa narkotika jenis Pil Extacy warna merah marun logo burung hantu sebanyak 6000 (enam ribu) butir,” jelas AKBP Memo Ardian kepada beritajatim.com, Selasa (14/7/2020).

Usai menerima kedua barang tersebut selanjutnya oleh tersangka AW diserahkan kepada MA. Tujuannya untuk dikirimkan para pemesan yang langsung berhubungan dengan HD dari lapas Porong. Sedangkan peran dari AW  dan MA adalah mengirimkan di berbagai tempat sesuai dengan petunjuk dari HD.

“Kedua pelaku mengikuti permintaan dari pemesan dan hasil dari pengiriman barang narkotika tersebut atau upah dari HD sudah banyak yang sudah dijadikan berupa tanah , unit kendaran bermotor dan 1 (satu) unit Mobil. Maka kita akan tindak dua pasal penyalahgunaan narkotika dan TPPU (Tindak Pidana Pencucian Uang),” tegas mantan Kapudik Sabhara Porong ini.

Selain itu, menurut pengakuan tersangka ke petugas, mereka sudah menjual sabu sekitar 7 Kg dan pil ekstasi sebanyak 6.000 butir. tersangka AW  dan  MA sudah bertransaksi kurang lebih 10 ( sepuluh ) kali dan terakhir diterima tersangka pada Juni 2020 lalu.

Meski demikian, petugas hanya mendapatkan 13 bungkus plastik berisikan narkotika jenis sabu dengan berat total ± 25 (dua puluh lima) gr berikut pembungkusnya. Bungkus plastik berisikan narkotika jenis sabu warna hijau dengan berat total ± 15 ( lima belas) gr berikut pembungkusnya, dan 1.262 butir pil Extacy.

“Petugas kepolisian melakukan penangkapan terhadap  AW  dan MA saya pada hari rabu tanggal 8 Juli 2020 sekira pukul 16.00 WIB di dalam Jl. Simogunung Kramat, Surabaya. Petugas berhasil menyita barang bukti barang bukti diatas dengan tujuan untuk diedarkan tapi sudah digagalkan anggota satresnarkoba Polrestabes Surabaya,” papar perwira melati dua ini.(ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar