Hukum & Kriminal

Kuras Isi Brankas Minimarket di Mojokerto, Aksi Pelaku Ini Terekam CCTV

Mojokerto (beritajatim.com) – Berpura-pura sebagai pembeli, perempuan asal Kabupaten Pacitan terekam camera Closed Circuit Television (CCTV) saat menguras isi brankas di sebuah minimarket di Mojokerto.

Paur Subbag Humas Polres Mojokerto, Ipda Siti Tri Hidayati mengatakan, aksi tersebut terjadi di sebuah minimarket di Dusun Biroto, Desa Mlaten, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto. “Kejadiannya, Kamis sekira pukul 18.30 WIB,” ungkapnya, Jumat (17/5/2019).

Pelaku Herna Triastuti (25) warga Dusun Krajan, Desa Losari, Kecamatan Tulakan, Kabupaten Pacitan berpura-pura sebagai pembeli. Tak lama pelaku ijin untuk menumpang ke kamar mandi, pada saat ke kamar mandi melihat pintu gudang barang tempat penyimpanan barang dan tas dalam keadaan tak terkunci.

“Di dalam gudang merupakan tempat penyimpanan pakaian karyawan serta brankas penyimpanan uang. Brankas tempat penyimpanan uang hasil penjualan minimarket juga tidak terkunci, korban pun melihat kedepan dan memastikan situasi sepi,” katanya.

Pasalnya, saat itu karyawan sedang sibuk melayani pembeli sehingga pelaku masuk lagi dan langsung memasuki gudang. Namun karena tak ada barang berharga di tas karyawan, pelaku melihat brankas uang dengan kunci brangkas masih menempel.

“Karyawan lupa tidak melepas kunci brankas ketika selesai memasukan uang hasil penjualan sehingga langsung membuka dan akan mengambil uang dari brankas. Namun ketika akan dimasukan kedalam tas yang dibawanya, diketahui karyawan,” jelasnya.

Karyawan minimarket melihat korban dari rekaman CCTV sehingga dengan mudah pelaku dapat diamankan. Paur Subbag Humas menjelaskan, dalam brankas tersebut terdapat uang senilai kurang lebih Rp45 juta. Pelaku dan barang bukti langsung diamankan.

“Barang bukti yang telah disita dari tangan pelaku berupa dua tas punggung milik karyawan, jaket levis warna biru milik karyawan, jaket kain jenis jangkis milik karyawan dan anak kunci brankas. Pelaku terancam Pasal 53 ayat (1) KUHP Jo Pasal 363 Ayat (1) ke3e KUHP tentang Percobaan Pencurian dengan Pemberatan,” tegasnya.[tin/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar