Hukum & Kriminal

Kurangi Pelanggaran Prajurit, Provos Brigif 2 Marinir Adakan Gaktibplin

Sidoarjo (beritajatim.com) – Dalam rangka mengurangi angka pelanggaran yang dilakukan prajurit saat berkendara di jalan raya dan antisipasi penyebaran virus corona, jajaran Staf Intelijen dan Provos Brigif 2 Marinir menggelar Operasi Penegakan Ketertiban dan Disiplin (Gaktibplin) di Markas Brigif 2 Marinir Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (08/05/2020).

Operasi Gaktibplin yang dipimpin Pasintel Brigif 2 Mar Letkol Mar Beni Rahim, S.Sos dan juga diikuti Kasi Pamgal Mayor Marinir Indra Jayadi serta Kasi Lidpur Mayor Marinir Juraid tersebut dilaksanakan terpusat yaitu di penjagaan Pos 2 (Pos Masjid) bagi siapa saja personel yang masuk ke Ksatrian Marinir R. Suhadi dengan tujuan untuk penegakan dan ketertiban disiplin dalam mengendarai kendaraan bermotor, sekaligus untuk mencegah penyebaran virus corona atau covid-19.

Letkol Mar Beni Rahim, S.Sos menyampaikan bahwa selain operasi Gaktibplin yang meliputi pengecekan kelengkapan kendaraan bermotor seperti STNK, SIM, plat nomor, spion, helm dan kelengkapan administrasi lainnya, seluruh personel yang masuk ke Ksatrian tetap melaksanakan prosedur pencegahan covid-19 yaitu dengan pengecekan masker, suhu tubuh, cuci tangan dengan hand sanitizer dan melaksanakan penyemprotan disinfektan dengan melalui steril room.

Disampaikan juga bahwa pelaksanaan Gaktibplin dilakukan di satu titik yaitu di penjagaan Pos 2 atau Pos Masjid dengan tujuan untuk mempermudah pengawasan terhadap prajurit dan PNS Brigif 2 Mar dalam penegakan disiplin maupun pencegahan penyebaran covid-19.

“Operasi Gaktibplin dilaksanakan selain bertujuan untuk mengurangi angka pelanggaran prajurit dan sebagai wahana untuk mendidik para prajurit agar selalu berperilaku tertib berlalu lintas di jalan raya, sekaligus untuk pengawasan prajurit maupun PNS untuk mencegah penyebaran virus corona,” jelasnya.

Sementara itu Komandan Brigif 2 Marinir Kolonel Marinir Rudi Harto Marpaung menyambut baik upaya yang telah dilakukan jajaran Staf Intelijen dan Provos Brigif 2 Marinir yang telah melaksanakan operasi Gaktibplin.

Menurut Danbrigif 2 Mar operasi Gaktibplin merupakan upaya satuan untuk melindungi dan menjaga prajurit beserta keluarganya dalam hal pengamanan internal ke dalam. “Bukan untuk memberikan sanksi, tetapi untuk mengingatkan agar kekurangan dalam mendukung tugas dapat dieliminir, sehingga semuanya berjalan dengan baik dan lancar,” pungkasnya. [but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar