Hukum & Kriminal

Kunjungi Lapas Probolinggo, Wamenkumham Sentil Instalasi Listrik

Lapas Kelas IIB Probolinggo

Probolinggo (beritajatim.com) – Wakil Menteri Hukum dan Hak asasi Manusia (Wamenkumham) Edward Omar Sharief Hiariej melakukan kunjungan dan sidak ke Lapas Klas IIB Kota Probolinggo terkait dengan kelebihan kapasitas.

Dalam kunjungan ke Lapas Probolinggo tersebut Wamenkumham Edward Omar menyatakan kepada beritajatim.com bahwa Lapas kekurangan tenaga pengamanan.

“Anda tahu keamanan kita kurang berapa? perbandingan jumlah narapidana dan petugas kita kekurangan sekitar 20 ribu tenaga,”kata Edward Omar Sharief Hiariej, Jumat (10/9/2021).

Ketika ditanya terkait dengan fasilitas antisipasi kebakaran hingga menewaskan puluhan narapidana di Lapas Tangerang Wamenkumham menyatakan bahwa bencana tidak ada orang yang tahu.

“Lapas kita kebanyakan bangunan Belanda sehingga perlu adanya pemeriksaan instalasi listrik,” katanya.

Ditambahkan, kebakaran di Lapas Tangerang akan menjadi pelajaran berharga bagi semuanya. “Semoga itu yang terakhir dan tidak terjadi di masa yang akan datang.”tandanya.

Wakil Menteri Hukum dan Hak asasi Manusia (Wamenkumham) Edward Omar Sharief Hiariej

Terkait dengan siapa yang salah dalam kebakaran hingga over kapasitas tersebut Edward Omar Sharief hanya menjelaskan bahwa lapas itu tempat pembuangan akhir.

“Mau salahkan Lapas? khan Lapas itu tempat pembuangan akhir. Kita ini hanya menerima saja dari putusan pengadilan,” katanya.

Solusi yang akan dilakukan Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia dalam waktu dekat adalah mitigas over kapasitas dengan distribusi ke lapas yang masih kosong.

“Seperti penyataan Pak Menteri (Yasona Laolly) bahwa nanti akan dipindahkan terkait dengan Lapas yang over kapasitas,” pungkasnya. (ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar