Hukum & Kriminal

Kunjungi Kiai Marzuki, Kapolda Jatim Ingin Berkolaborasi Dengan NU

Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta dan Kiai Marzuki Mustamar.

Malang(beritajatim.com) – Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta mengunjungi Pondok Pesantren Sabillulrosyad, Gasek, Kota Malang, Jumat, (27/11/2020). Nico bersilaturahmi dengan Ketua Tanfidziyah Nahdlatul Ulama Jatim, Marzuki Mustamar sekaligus pengasuh Ponpes Sabillulrosyad.

“Kepada masyarakat Jawa Timur apapun yang menjadi keputusan Kapolri siapapun yang ditempatkan ke Jawa Timur sudah sesuai prosedural dan legal sehingga tidak ada alasan untuk menolak itu (Kapolda),” ujar Marzuki.

Marzuki mengatakan, tugas utama polisi dan warga Jatim dalam waktu dekat adalah memastikan Pilkada di sejumlah Kota dan Kabupaten berjalan aman dan kondusif. Selanjutnya, bagi warga nahdliyin dan warga Jatim lainnya. Semua diwajibkan mengikuti anjuran protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Marzuki kepada Kapolda mengatakan, untuk memudahkan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di Jatim. Kapolda harus melakukan pertemuan kultural dengan sejumlah tokoh dan ulama di NU. Sebab, ulama memiliki umat dan jemaah. Sehingga mudah untuk melakukan mobilisasi dalam menjaga keamanan dan ketentraman di Jatim.

“Selain pendekatan kedinasan harus ada pendekatan kultural (oleh Polda). Pendekatan kultural seperti kepada para tokoh-tokoh, kepada para ulama maka minimal separuh mengamankan Jawa Timur, itu selesai. Karena di bawah Ulama itu ada umat ada jemaah Insya Allah, beres,” papar Marzuki.

Sementara itu, Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta mengungkapkan tujuan utama bersilaturahmi dengan Ketua NU Jatim karena organisasi ini terbesar di wilayahnya. Dia ingin melakukan koordinasi dan kolaborasi dalam tugas menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat Jatim. Sebagai orang baru di Polda Jatim, Nico ingin mendapat masukan dari NU.

“NU merupakan organisasi terbesar di Jawa Timur sehingga perannya besar dalam mendukung kebijakan pemerintah khususnya penanganan COVID-19, kedua Pilkada menjadi tugas bersama. Kami datang sekaligus bersilaturahmi dan memperkenalkan diri karena sinergitas antara Polda, TNI, Pemerintah Daerah dan Ulama cukup penting. Sehingga kita ingin masukan dan jika ada koordinasi ke depan bisa kita lakukan,” tandas Nico. (luc/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar