Hukum & Kriminal

Kuli Kain Rangkah Surabaya Miliki 73 Ribu Pil Koplo

Tersangka saat diamankan di Polrestabes Surabaya

Surabaya (beritajatim.com) – RB (27) warga Jalan Rangkah, Kecamatan Tambaksari, harus rela menggunakan baju tahanan, usai Ditangkap Satres Narkoba Polrestabes Surabaya, Rabu (19/1/2022). Ia ditangkap karena ketahuan memiliki puluhan ribu pil koplo dan narkotika jenis sabu.

Kasat Resnarkoba Polrestabes Surabaya, AKBP Daniel Marunduri mengatakan, penangkapan pelaku bermula dari informasi masyarakat terkait adanya peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang.

Setelah melakukan serangkaian penyelidikan dan profiling, pelaku lantas ditangkap di pinggir Jalan Kyai Tambak Deres Surabaya.

“Kami temukan barang berupa 73 botol (73.000 butir) pil koplo jenis Yurindo ditemukan di dalam kardus yang berada di bawah tempat tidur kamar rumah di Jalan Setro Baru. Selain pil, kami temukan 12 plastik klip yang berisi narkotika jenis sabu dengan berat total 32,96 gram,” kata Daniel Marunduri, Senin (7/2/2022).

Dari hasil pengembangan yang dilakukan petugas, pelaku mendapatkan barang haram tersebut dari seorang berinisial AC yang saat ini masih dalam pengejaran. Pelaku mendapatkan barang tersebut dengan cara di ranjau di pinggir pom bensin di kawasan Pasuruan.

“Di ranjau di pinggir Pom Bensin Pasuruan dengan posisi barang terbungkus plastik warna hitam yang dimasukkan dalam kotak susu anak-anak sebanyak 50 gram dan 73 botol (73.000 butir) pil koplo jenis Yurindo,” ungkap Daniel.

Pelaku yang keseharian bekerja sebagai kuli kain itu, sudah dua kali mengambil barang haram tersebut. Dari kejahatan itu, pelaku mendapatkan upah ratusan ribu untuk sekali pengambilan yakni Rp 250 ribu dan Rp 300 ribu.

Atas kejahatan pelaku, terancam dijerat Pasal 114 Ayat (2) Subsider 112 Ayat (1) UU. RI. No. 35 Tahun 2009, tentang Narkotika dan Pasal 196 Subsider Pasal 197 UU. RI. No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan dengan ancaman pidana 20 tahun penjara. [ang/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar