Hukum & Kriminal

Kreatif, Kapolsek Ini Sosialisasi Prokes Melalui Wayang Kardus

Kediri (beritajatim.com) – Berbagai cara dilakukan oleh tim gugus tugas pencegahan covid 19 di Kabupaten Kediri. Salah satunya dengan menggunakan media wayang.

Ide kreatif ini datang dari Kapolsek Puncu AKP Bowo Wicaksono. Dirinya punya cara sendiri untuk mengedukasi dan sosialisasi penerapan protokol kesehatan kepada siswa sekolah dasar dan taman kanak-kanak.

Dia menggelar pertunjukan wayang kulit modern dengan tokoh wayang kekinian. Hal ini agar pesan yang disampaikan mudah dipahami dan diterima anak-anak. Dalam pertunjukan wayang modern yang digelar sekitar hampir satu jam ini, memainkan tokoh seorang pelajar berseragam sekolah dan tokoh seorang polisi memakai masker.

Dia membawakan cerita seputar kegiatan polisi dalam memberikan edukasi sekaligus sosialiasi kepada masyarakat terkait protokol kesehatan.

“Dengan cara ini saya berharap agar anak anak yang melihat pertunjukannya sangat antusias dan terhibur sekali, walaupun yang datang jumlahnya terbatas karena situasi masih pandemi Covid-19,” katanya.

Sosialisasi protokol kesehatan ini gencar dilakukan menjelang pembelajaran tatap muka di sekolah-sekolah di wilayah hukum Kecamatan Puncu. Semua bercerita tentang protokol kesehatan dengan harapan semoga bisa bermanfaat.

Melihat antusiasme anak-anak saat menyaksikan pertunjukan wayang kulit modern, mantan Kasubbag Humas Polres Kediri itu mengaku ada kepuasan tersendiri.

Dari ekspresi anak anak tampak terhibur setelah melihat pentas pertunjukan wayangnya. Para pelajar yang melihat pertunjukan ini dibatasi jumlahnya, mereka datang memakai masker serta menempati tempat duduk dengan jarak yang telah ditentukan.

Sosialisasi protokol kesehatan ini gencar dilakukan menjelang pembelajaran tatap muka di sekolah-sekolah di wilayah hukum Kecamatan Puncu. Hrapannya mereka tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, rajin cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir dan tetap menjaga jarak. [nm/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar