Hukum & Kriminal

KPK Sita Rumah Kediaman Orang Tua Bupati Mojokerto Nonaktif

Mojokerto (beritajatim.com) – Dari 19 sasaran dengan 27 sertifikat tanah milik Bupati Mojokerto nonaktif, Mustofa Kamal Pasa (MKP) yang disita Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), satu diantaranya merupakan rumah kediaman orang tua MKP.

Lembaga Anti Rasuah bergerak mencari 19 sasaran tanah milik tersangka kasus dugaan korupsi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) sejak, Selasa (2/7/2019) kemarin. Salah satunya adalah aset rumah di Desa Tampung Rejo, Kecamatan Puri, Kabupeten Mojokerto.

Rumah tersebut merupakan kediaman orang tua MKP, Jakfarial dan Fatimah. Di Desa Tampung Rejo, Kecamatan Puri, KPK juga menyita dua bidang tanah berukuran 10×18 meter milik ibu dan pembantu MKP. Papan berisi pengumuman penyitaan dipasang di dalam halaman.

Di dalam pagar setinggi 2 meter dengan arsitektur batu bata Majapahitan terlihat palang yang bertuliskan ‘Tanah dan Bangunan Ini Telah Disita dalam perkara tindak pidana pencucian uang dengan tersangka H Mustofa Kamal Pasa SE’. Di dalam pagar, ada tiga rumah yang dihuni oleh orang tua MKP.

Papan penyitaan dipasang di depan rumah yang paling ujung Utara. Sementara dari dalam rumah tidak terlihat aktivitas, rumah tampak sepi tanpa penghuni.

Salah satu perangkat Desa Tampung Rejo yang enggan disebut namanya, mengatakan jika ada tiga rumah di dalam pagar setinggi 2 meter tersebut. “Didalam situ ada tiga rumah yang satu paling ujung Utara itu yang beli. Saat ini rumah itu dihuni orang tua MKP,” ungkapnya, Kamis (4/7/2019).

Sementara itu, Kasat Sabhara Polres Mojokerto, AKP Bambang Eko Sujarwo menambahkan, jika pihaknya diminta penyidik KPK personil untuk mendampingi menyita beberapa aset milik MKP yang tersebar di beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Mojokerto.

“Iya, benar. Sejak Selasa, setiap hari kita menurunkan enam anggota yang dibagi menjadi tiga tim untuk ikut dalam kegiatan yang dilakukan rekan-rekan KPK. Satu tim KPK di kawal dua anggota kami dan hari ini yang terakhir,” tegasnya.[tin/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar