Iklan Banner Sukun
Hukum & Kriminal

KPK Pastikan Perkara Hakim PN Surabaya Itong Segera Disidangkan

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri

Jakarta (beritajatim.com) – Jaksa KPK Gina Saraswati, hari ini, telah selesai melimpahkan berkas perkara dan surat dakwaan Terdakwa Itong Isnaini Hidayat dkk ke Pengadilan Tipikor pada PN Surabaya.

“Tim Jaksa masih menunggu penetapan penunjukkan Majelis Hakim dan penetapan hari sidang dengan agenda pembacaan surat dakwaan,” ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, Selasa (7/6/2022).

Dia menambahkan, tahanan para terdakwa, saat ini sudah beralih menjadi wewenang Pengadilan Tipikor dan selanjutnya tempat penahanan di titipkan di rutan. Mereka adalah Itong Isnaini Hidayat di Rutan Klas 1 Surabaya, Hamdan di Rutan Kejati Jatim, dan Hendro Kasiono,di Rutan Polda Jatim.

Ali memaparkan, para Terdakwa didakwa dengan dakwaan, yakni Hendro Kasiono sebagai pemberi : Kesatu: Pasal 6 ayat (1) huruf a UU Tipikor Jo Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP atau Kedua: Pasal 13 UU Tipikor Jo Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP.

Itong Isnaini Hidayat dan Hamdan sebagai penerima : Kesatu: Pasal 12 huruf c UU Tipikor Jo Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP atau Kedua: Pasal 11 UU Tipikor Jo Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.

Sebelumnya, KPK menetapkan Itong Isnaini Hidayat (IIH) yang merupakan Hakim pada Pengadilan Negeri Surabaya dan Hamdan (HD) yang merupakan Panitera Pengganti pada Pengadilan Negeri Surabaya sebagai tersangka. Keduanya menjadi tersangka dalam dugaan tindak pidana korupsi berupa suap pengurusan perkara di PN Surabaya Jawa Timur dari HK (Hendro Kasiono, red) yang merupakan Pengacara dan Kuasa dari PT SGP (Soyu Giri Primedika, red). [hen/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar